Contoh Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Lapangan
Contoh Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Lapangan

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Lapangan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan dengan baik. Laporan ini disusun sebagai tugas akhir untuk menyelesaikan Program Studi Diploma III Analis Kesehatan.

Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan oleh penulis dilakukan di RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Pada saat Praktek Kerja Lapangan, penulis dibimbing oleh beberapa petugas kesehatan yang ahli dalam bidangnya. Praktek Kerja Lapangan menjadi moment yang sangat penting dalam menambah wawasan dan pengalaman bagi penulis.

Laporan ini berisi penjelasan secara rinci mengenai kegiatan yang penulis lakukan selama Praktek Kerja Lapangan. Kegiatan tersebut meliputi pengamatan dan penanganan pasien, pembuatan laporan rekam medik, dan pelaksanaan beberapa tes laboratorium.

Penulisan laporan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang kegiatan yang dilakukan selama Praktek Kerja Lapangan dan hasil yang diperoleh. Selain itu, laporan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dan menjadi referensi bagi mahasiswa atau siapapun yang memerlukan informasi terkait Praktek Kerja Lapangan.

Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan dan kemajuan ke depannya.

Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan dan Penulisan Laporan ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan membuka wawasan bagi kita semua.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Surabaya, 23 Mei 2021

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Lapangan

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Lapangan

Laporan praktek kerja lapangan adalah bagian yang penting dari pendidikan di perguruan tinggi dan biasanya merupakan persayaratan untuk menyelesaikan program studi. Setelah mahasiswa menyelesaikan praktek kerjanya di lapangan, mereka harus membuat laporan tentang pengalaman mereka selama praktek kerja. Laporan praktek kerja harus memiliki struktur yang jelas dan sistematis sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Salah satu elemen penting dalam laporan praktek kerja adalah kata pengantar.

Kata pengantar laporan praktek kerja lapangan adalah pengantar singkat yang diletakkan pada awal dokumen. Fungsinya adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang isi laporan dan memberikan latar belakang tentang tujuan laporan dibuat. Kata pengantar memainkan peran penting dalam membantu pembaca memahami laporan praktek kerja secara keseluruhan. Dengan membaca kata pengantar, pembaca akan lebih memahami tujuan dan konteks dari laporan praktek kerja tersebut.

Kata pengantar juga berfungsi sebagai pengantar yang mengenalkan pembaca pada topik laporan praktek kerja. Dalam kata pengantar, mahasiswa harus memberikan informasi tentang topik utama yang akan dibahas dalam laporan praktek kerja. Hal ini akan membantu pembaca memahami isi laporan dan menentukan apakah dokumen tersebut relevan dengan kebutuhan mereka atau tidak.

Selain itu, kata pengantar juga harus mencakup tujuan laporan praktek kerja. Dalam kata pengantar, mahasiswa harus menjelaskan tujuan mereka dalam melakukan praktek kerja dan tujuan laporan praktek kerja. Mahasiswa juga harus menjelaskan implikasi laporan praktek kerja ini untuk penelitian masa depan atau konteks yang lebih luas.

Baca Juga:  Contoh CV Fresh Graduate Menarik

Kata pengantar juga dapat mencantumkan informasi tentang pendekatan atau metode yang digunakan dalam laporan praktek kerja. Hal ini akan membantu pembaca memahami cara mahasiswa mendapatkan data atau informasi yang menjadi basis laporan praktek kerja. Mahasiswa dapat menjelaskan mengapa mereka memilih pendekatan tertentu dan bagaimana pendekatan tersebut membantu mereka dalam mencapai tujuan laporan praktek kerja.

Dalam pengantar, mahasiswa juga harus menjelaskan masalah-masalah yang dihadapi selama praktek kerja dan bagaimana mereka menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini akan membantu pembaca memahami proses kerja mahasiswa selama praktek dan bagaimana mereka mengatasi masalah dalam situasi dunia nyata.

Secara keseluruhan, kata pengantar laporan praktek kerja lapangan adalah elemen kunci yang harus disertakan dalam laporan praktek kerja. Fungsinya adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang isi laporan dan memberikan latar belakang tentang tujuan laporan dibuat. Kata pengantar membantu pembaca memahami laporan praktek kerja secara keseluruhan, mengenalkan pembaca pada topik laporan praktek kerja, dan menyampaikan informasi tentang tujuan, metode, dan masalah yang dihadapi selama praktek kerja.

Pengenalan Diri

Sebelum memulai laporan praktek kerja lapangan, sebaiknya kita memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya [nama lengkap], saat ini saya sedang menempuh pendidikan di [nama perguruan tinggi] jurusan [jurusan].

Selama dua bulan terakhir, saya melakukan praktek kerja lapangan di [nama perusahaan] yang bergerak di bidang [bidang kerja]. Tujuan dari laporan ini adalah untuk membagikan pengalaman dan hasil yang saya dapatkan selama praktek kerja lapangan.

Tujuan Laporan

Tujuan dari laporan ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pengalaman praktek kerja lapangan yang saya jalani. Dalam laporan ini terdapat hasil analisis mengenai data yang saya kumpulkan selama praktek kerja lapangan, penilaian singkat mengenai lingkungan kerja, serta pengalaman belajar yang saya dapatkan dari perusahaan tempat saya melaksanakan praktek kerja lapangan.

Selain itu, laporan ini juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi rekan-rekan mahasiswa yang sedang mencari informasi mengenai perusahaan yang saya kunjungi selama praktek kerja lapangan.

Pengalaman dan Hasil Praktek Kerja Lapangan

Selama melaksanakan praktek kerja lapangan di [nama perusahaan], saya mendapatkan banyak pengalaman dan hasil yang sangat berharga. Salah satunya adalah saya dapat memperdalam pengetahuan saya di bidang [bidang kerja], terutama dalam hal penanganan masalah teknis. Selain itu, saya juga dapat mempelajari bagaimana mengelola waktu dan kerja sama dengan tim.

Secara keseluruhan, praktek kerja lapangan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi saya untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan. Saya berharap laporan ini dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan mahasiswa yang ingin melaksanakan praktek kerja lapangan di masa mendatang.

Memperkenalkan Diri

Saat membuat kata pengantar laporan praktek kerja lapangan, ada baiknya Anda memperkenalkan diri terlebih dahulu. Cara ini bisa membantu pembaca untuk lebih memahami latar belakang Anda serta kepentingan Anda dalam mengikuti praktek kerja lapangan. Isi pengenalan diri bisa mencakup asal kampus, jurusan, dan beberapa informasi lain yang relevan dengan laporan yang Anda tulis.

Menjelaskan Tujuan Laporan

Selain memperkenalkan diri, Anda juga harus menjelaskan tujuan laporan dalam kata pengantar. Tujuan laporan ini harus jelas dan terukur serta sesuai dengan tema laporan yang Anda tulis.

Sebagai contoh, jika tema laporan Anda adalah tentang praktek kerja lapangan dalam bidang IT, Anda bisa mengatakan bahwa tujuan Anda menulis laporan ini adalah untuk memperkenalkan pengalaman kerja lapangan di bidang IT dan menggambarkan bagaimana pengalaman tersebut membantu Anda dalam pengembangan karir di masa depan.

Menunjukkan Hasil dan Pengalaman yang Didapat Selama Praktek Kerja Lapangan

Perlu juga untuk menunjukkan hasil dan pengalaman yang didapat selama praktek kerja lapangan. Anda bisa menuliskan semua hasil kerja serta aktivitas yang berhasil dilakukan selama praktek kerja lapangan.

Baca Juga:  Pengalaman Tes PT Sinar Niaga Sejahtera Distributor PT Garudafood

Misalnya, jika Anda berhasil menyelesaikan tugas tertentu atau merancang suatu aplikasi, Anda bisa menjelaskan proses dan alasan di balik kesuksesan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa membagikan pengalaman yang tidak terlupakan selama praktek kerja lapangan tersebut.

Menggunakan Bahasa yang Menarik

Saat menulis kata pengantar laporan praktek kerja lapangan, penting juga untuk menggunakan bahasa yang menarik agar lebih mudah dipahami dan tidak membosankan.

Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang atau penggunaan kata-kata yang asing, kecuali kata-kata tersebut memang diperlukan untuk menjelaskan suatu konsep atau ide. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan gaya dan nada suara yang berteknik untuk memberikan kesan yang lebih menarik dan menarik perhatian pembaca.

Menyesuaikan Kata Pengantar dengan Audience

Terakhir, pastikan Anda menyesuaikan kata pengantar laporan praktek kerja lapangan dengan audiens dari laporan tersebut. Pertimbangkan konteks laporan, siapa pembacanya, serta apa harapan yang Anda ingin sampaikan kepada mereka dalam laporan tersebut. Jangan takut untuk menyesuaikan bahasa atau gaya penulisan Anda agar lebih mudah dipahami dan mampu menjangkau audiens dengan berbagai latar belakang.

Pentingnya Laporan Praktek Kerja Lapangan Bagi Mahasiswa

Laporan praktek kerja lapangan merupakan salah satu tugas yang wajib untuk dilakukan oleh mahasiswa pada masa studi mereka. Tujuan dari laporan ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kegiatan yang dilakukan selama praktek kerja lapangan, pengalaman yang didapatkan, dan hasil dari kegiatan tersebut. Selain itu, ada beberapa alasan penting mengapa laporan praktek kerja lapangan ini dibutuhkan, antara lain:

Menyeimbangkan teori dan praktek

Dalam mempersiapkan mahasiswa untuk dunia kerja, sebuah institusi pendidikan perlu memberikan pengalaman praktis guna menyeimbangkan teori yang diajarkan di kelas. Dengan adanya laporan praktek kerja lapangan, mahasiswa dapat mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajari ke dalam dunia kerja. Hal ini akan membantu mahasiswa memahami teori secara lebih nyata dan kontekstual.

Menjadi syarat kelulusan

Laporan praktek kerja lapangan umumnya merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa. Dengan menyelesaikan laporan ini, mahasiswa dapat memperoleh nilai yang menggambarkan kemampuan mereka dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari ke dalam situasi nyata di tempat kerja. Karena itu, laporan ini wajib dilakukan dengan baik agar tidak menghambat proses kelulusan mahasiswa.

Menambah pengalaman dan relasi

Praktek kerja lapangan juga memberikan kesempatan untuk mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan para profesional di bidang yang mereka pelajari. Dalam melakukan pekerjaan di lapangan, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman positif, membangun relasi yang berguna di masa depan, dan memperkaya wawasan mereka tentang dunia kerja.

Meningkatkan keterampilan dan kemampuan

Praktek kerja lapangan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Dalam melakukan tugas dan tanggung jawab tertentu di tempat kerja, mahasiswa dapat menyempurnakan keterampilan mereka dalam hal seperti keterampilan interpersonal, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan sebagainya.

Karena itu, laporan praktek kerja lapangan sangat penting bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan yang dapat membantu mereka dalam menyiapkan karir dan masa depan mereka. Oleh karena itu, setiap mahasiswa harus menyelesaikan tugas laporan ini dengan baik dan profesional.

Praktek Kerja Lapangan Sebagai Wujud Implementasi Teori dalam Dunia Kerja

Praktek kerja lapangan merupakan kegiatan penting bagi mahasiswa untuk menerapkan teori yang telah dipelajari di perkuliahan dalam dunia kerja. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan gambaran tentang bagaimana kondisi dan situasi kerja di lapangan sesuai dengan bidang yang diminati oleh mahasiswa.

Dengan melakukan praktek kerja lapangan, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang berharga dan keterampilan yang dapat meningkatkan kemampuan serta kualitas dalam bekerja. Mahasiswa juga dapat mengembangkan keterampilan non-teknis seperti kemampuan berkomunikasi, kerjasama dalam tim, kemampuan analisis, dan pemecahan masalah.

Baca Juga:  Probation Adalah: Cara Kerja, Tips, dan Gaji Setelah Masa Percobaan

Tidak hanya itu, praktek kerja lapangan juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melatih diri dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi di lapangan. Kemampuan untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri ini merupakan salah satu kriteria penting yang dicari oleh para pengusaha saat merekrut tenaga kerja.

Implementasi teori dalam dunia kerja melalui praktek kerja lapangan sangat baik untuk memberikan pengalaman yang nyata dan praktis bagi mahasiswa. Hal ini juga dapat menambah skill yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam mencari karyawan yang berkualitas. Dengan keterampilan yang dimiliki, mahasiswa memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima bekerja di tempat yang diminatinya dan juga memiliki kenaikan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan lain yang hanya mengandalkan pengalaman di bidangnya.

Mahasiswa yang melakukan praktek kerja lapangan dengan serius dan sungguh-sungguh akan memperoleh pengalaman dan keterampilan kerja yang berbeda dengan mahasiswa yang hanya mengerjakan tugas praktek lapangan sebagai formalitas saja.

Oleh karena itu, diakhir laporan praktek kerja lapangan, mahasiswa dapat menambahkan dan menjelaskan secara rinci tentang apa yang telah dilakukannya, hasil dari pelaksanaannya, serta apa yang telah dipelajari selama praktek kerja tersebut. Selain itu, mahasiswa juga dapat memaparkan tentang bagaimana pengalaman dan keterampilan yang diperoleh dapat mempengaruhi kenaikan gaji di masa depan ketika karyawan tersebut bekerja di bidang yang sama.

FAQs Tentang Contoh Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Lapangan

1. Apa itu laporan praktek kerja lapangan?

Laporan praktek kerja lapangan adalah sebuah laporan tertulis yang dihasilkan oleh seorang mahasiswa setelah melakukan praktek kerja di sebuah perusahaan atau institusi selama beberapa waktu tertentu.

2. Apa saja bagian-bagian yang harus ada dalam laporan praktek kerja lapangan?

Bagian-bagian yang harus ada dalam laporan praktek kerja lapangan antara lain kata pengantar, daftar isi, latar belakang, tujuan dan manfaat, prosedur pelaksanaan, hasil, analisis dan pembahasan, dan kesimpulan.

3. Apa tujuan dari laporan praktek kerja lapangan?

Tujuan dari laporan praktek kerja lapangan adalah untuk memberikan gambaran mengenai pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan oleh mahasiswa selama melakukan praktek kerja di sebuah perusahaan atau institusi.

4. Apa yang harus disiapkan sebelum menulis laporan praktek kerja lapangan?

Sebelum menulis laporan praktek kerja lapangan, mahasiswa harus memperoleh ijin dari pihak perusahaan atau institusi, menyiapkan bukti-bukti dan data-data yang berkaitan dengan kegiatan praktek kerja, serta mengetahui struktur dan format penulisan laporan yang baik dan benar.

5. Apa yang harus diperhatikan dalam penulisan laporan praktek kerja lapangan?

Dalam penulisan laporan praktek kerja lapangan, mahasiswa harus memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang benar, menuliskan semua data secara jelas dan akurat, serta merangkum semua pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama melakukan praktek kerja.

Dari informasi yang telah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa laporan praktek kerja lapangan sangat penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengalaman dan pengetahuan mereka di dunia kerja. Sebelum menulis laporan, mahasiswa harus memperhatikan struktur dan format penulisan yang baik dan benar, dan menuliskan semua data secara jelas dan akurat.

Dengan demikian, laporan praktek kerja lapangan dapat menjadi referensi yang berguna bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan memperoleh pekerjaan yang diinginkan di masa depan. Contoh kata pengantar laporan praktek kerja lapangan dapat dilihat pada bagian belakang buku pedoman atau petunjuk penyusunan laporan praktek kerja lapangan yang diberikan oleh perguruan tinggi dan fakultas yang bersangkutan.