invisible hit counter

Panduan Mudah Membuat Surat Pengunduran Diri di Word

Surat Pengunduran Diri di Word

“Datang dengan baik, pergi pun dengan baik.” Itulah ungkapan yang tepat bagi Anda yang ingin mengundurkan diri secara baik-baik dari perusahaan tempat Anda bekerja. Tidak ada jenjang karier bisa menjadi salah satu alasan Anda untuk mengundurkan diri. Namun, sebaiknya Anda membuat terlebih dahulu surat pengunduran diri untuk diberikan kepada atasan Anda. Simak panduan mudah membuat surat pengunduran diri di Word berikut ini.

Mengapa Membuat Surat Pengunduran Diri di Word

Banyak alasan yang bisa menyebabkan Anda ingin segera keluar dari kantor. Beberapa alasan tersebut di antaranya:

  1. Alasan kesehatan. Barangkali Anda dengan kesadaran sendiri ingin berhenti dari pekerjaan karena mengidap penyakit keras dan ada rekomendasi dokter rumah sakit yang menguatkan alasannya tersebut.
  2. Sudah merasa tidak nyaman dengan atasan dan rekan kerja satu tim adalah alasan kedua yang menjadi penyebab Anda memutuskan resign.
  3. Sering terjadi ketidakcocokan dan merasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja juga bisa menjadi penyebab Anda berhenti dari perusahaan.
  4. Alasan berikutnya, tidak ada jenjang karier atau ingin melanjutkan studi di luar kota.
  5. Gaji sedikit tapi beban kerjanya melebihi kemampuan Anda juga bisa menjadi alasannya.
  6. Alasan lainnya yaitu ingin mengikuti suami/istri Anda yang melanjutkan pendidikan S2 di luar negeri.

Apapun alasannya, pastikan Anda membuat surat pengunduran diri resmi untuk diberikan kepada perusahaan. Pengiriman surat pengunduran diri kepada perusahaan merupakan bentuk pernyataan resmi dari Anda tidak bekerja lagi di kantor tersebut. Surat ini menjadi bukti bahwa di kemudian hari Anda tidak ada hubungan resmi dan tidak ada tanggungjawab pekerjaan lagi.

Baca Juga:  Panduan Cara Membuat Surat Tugas Kerja Keluar Kota Mudah dan Praktis

Surat pengunduran diri secara resmi adalah bentuk menghargai perusahaan yang telah menerima Anda dengan baik selama ini. Diterima baik-baik, maka pamit pun dengan baik dan sopan.

Dengan adanya surat pengunduran diri, juga menjadi bentuk pemberitahuan kepada perusahaan. Sehingga bisa memudahkan bagian SDM mencari kandidat karyawan baru dan posisi Anda yang kosong bisa segera terisi dan tidak mempengaruhi kinerja perusahaan.

Apabila Anda menyerahkan surat pengunduran diri kepada perusahaan secara baik-baik, bukan tidak mungkin perusahaan akan menilai Anda sebagai pekerja yang beretika baik dan sopan. Sehingga, apabila suatu hari nanti Anda bekerja di tempat kerja baru, nama Anda pun akan dinilai baik oleh atasan baru Anda.

Baca juga: Panduan Membuat Contoh Surat Resign Simple dan Mudah

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri di Word

Untuk membuat surat pengunduran diri sebenarnya mudah. Formatnya sama dengan surat lamaran kerja. Bahasa yang digunakan juga bahasa formal dengan memperhatikan tata bahasa yang baik dan sopan.

Kemudian, cantumkan alasan pengunduran diri secara singkat. Tidak perlu bertele-tele dan bercerita panjang lebar layaknya membuat cerpen. Meskipun singkat, Anda perlu menuliskannya dengan jelas dan mudah dipahami perusahaan.

Baca Juga:  Contoh Surat Panggilan Interview Lewat WA dan Cara Membuatnya

Sertakan waktu dan tanggal Anda resign di surat pengunduran diri tersebut. Sebaiknya pemberitahuan kepada perusahaan tidak secara mendadak. Misalnya, sebulan sebelumnya. Berilah waktu yang cukup kepada perusahaan untuk segera mencari kandidat baru untuk menggantikan posisi Anda.

Jangan lupa menyebutkan ucapan terimakasih dalam membuat surat pengunduran diri ini. Terimakasih dan meminta maaf atas kesalahan yang disengaja dan tidak disengaja  kepada atasan langsung, rekan-rekan kerja satu tim, beda divisi, bahkan jajaran manager dan direksi.

Surat pengunduran diri termasuk surat formal sehingga bahasa yang digunakan pun harus formal dan sopan. Adapun format penulisannya terdiri dari awalan (tanggal dan tempat dibuatnya surat kemudian tuliskan Kepada Yang Terhormat).

Selanjutnya, cara membuat surat pengunduran diri pada microsoft word adalah memberikan informasi tentang identitas diri Anda (nama lengkap, No. identitas, No. induk karyawan, divisi/bagian, jabatan, lama bekerja), alasan mengundurkan diri, ucapan terimakasih dan meminta maaf, penutup, serta tandatangan di atas materai.

Contoh Surat Pengunduran Diri di Word

Banyak sumber di internet yang bisa memberikan Anda beragam contoh surat pengunduran diri di word. Anda juga dengan mudahnya bisa langsung download surat pengunduran diri karyawan di mesin pencarian. Kemudian, tinggal mengubah tanggal dan tempat pembuatan surat, identitas diri, dan alasan mengundurkan diri.

Baca Juga:  Membuat CV Lamaran Kerja Lulusan SMA Mudah dan Praktis

 

Berikut ini contoh surat pengunduran diri di word:

 

Jakarta, 4 Maret 2022

 

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. XYZ

di tempat

 

 

Dengan hormat,

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama                           : Hermawan

Tempat, tanggal lahir  : Jakarta, 2 Januari 1992

No. Pegawai                : DM113

Jabatan                        : Staf Disain Grafis

Departemen                 : Digital Kreatif

Bekerja sejak              : 2019

 

Bersama surat ini, saya ingin menyampaikan permohonan mengundurkan diri dari PT.XYZ. Alasan saya mengundurkan diri sebab ingin melanjutkan studi S2 ke Inggris. Saya menyampaikan terimakasih dan mohon maaf sebesar-besarnya kepada Bapak, Ibu, rekan-rekan kerja, serta segenap jajaran direksi dan seluruh karyawan PT. XYZ.

Demikian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, sekali lagi, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

 

Hormat saya,

 

Hermawan

 

Baca juga: Panduan Membuat Kata Kata Perkenalan Diri di Grup WA yang Mudah

Penutup

Itulah panduan mudah membuat surat pengunduran diri di word. Sebaiknya Anda meninggalkan kesan baik di perusahaan. Gunakan pula bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan lupa memeriksa kembali kata per katanya agar tidak terjadi kesalahan ejaan maupun tanda baca. Selamat mencoba ya!

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *