invisible hit counter

Contoh Surat Panggilan Interview Lewat WA dan Cara Membuatnya

Contoh Surat Panggilan Interview Lewat WA

Penasaran Apa itu surat panggilan kerja? Bagi semua orang yang melamar pekerjan, surat panggilan kerja adalah hal penting. Melalui surat panggilan kerja, dapat menjadi salah satu simbol bahwa pelamar telah diterima. Ada beberapa contoh dari surat panggilan kerja yang baik dan benar. Anda perlu mempelajari bagaimana contoh surat panggilan interview lewat WA agar memudahkan Anda dalam membuat surat panggilan kerja yang efektif dan efisien.

Untuk bisa membuat sebuah surat panggilan kerja, tentunya ada aturan yang harus diikuti. Surat panggilan kerja ini tidak hanya ditulis dalam bentuk kertas namun bisa dibuat melalui email ataupun pesan WA.

Contoh Surat Panggilan Interview Lewat WA

 Sebelum membahas lebih dalam tentang surat panggilan interview lewat wa dan contohnya, sebaiknya Anda harus mengetahui aturan dari penulisan surat ini. Apalagi surat panggilan kerja ini ditujukan untuk para pelamar kerja agar dapat mendapatkan informasi resmi terkait diterima atau tidaknya pelamar tersebut.

Setiap perusahaan tentunya memiliki penulisan surat panggilan kerja yang berbeda-beda. Namun, untuk pemula sebaiknya belajar contoh pembuatan surat yang ada di bawah ini.

Bahasa Baku 

Hal pertama yang harus selalu diingat ketika ingin menulis surat panggilan kerja adalah  bahasa. Setidaknya, surat panggilan kerja harus ditulis dengan bahasa yang sopan dan baku . Hal dilakukan agar keterangan yang disampaikan pada surat panggilan lebih jelas dan tidak berbelit-belit.

Nama Perusahaan dan Lowongan

Dalam pembuatan surat panggilan kerja, nama perusahaan dan lowongan yang dilamar harus diletakkan secara sejelas. Hal ini dilakukan, agar penerima pesan tersebut dapat menyesuaikan informasi yang disampaikan.

Nama Tujuan

Surat panggilan kerja tentunya ditujukan hanya untuk calon pelamar yang dinyatakan lolos seleksi. Walaupun begitu, nama tujuan surat harus tetap dicantumkan. Baik itu, untuk surat panggilan via email, SMS, maupun WA semuanya harus menggunakan nama tujuan agar terlihat lebih jelas.

Isi atau Inti Surat

Berikutnya, isi atau inti surat harus tetap dicantumkan secara jelas terkait dengan surat panggilan yang dibuat. Selain berisi mengenai maksud inti surat, biasanya juga akan dicantumkan hari, waktu, dan lokasi interview..

Catatan

Catatan biasanya akan dicantumkan di bagian bawa isi informasi dari surat panggilan kerja. Namun, juga ada yang dicantumkan di bawah tanda tangan. Catatan ini dicantumkan dalam poin-poin dan bisa dicetak tebal agar lebih mudah dipahami oleh pelamar.

Penutup Surat

Umumnya, penutup surat dicantumkan pada bagian tepat di bawah inti surat. Kalimat yang biasanya digunakan seperti ‘demikianlah surat ini dibuat’ dan kalimat terima kasih serta salam penutup.

Tanda Tangan Pengirim

Setelah penutup dibuat, surat diakhiri dengan tanda tangan pengirim surat panggilan kerja. Tanda tangan yang biasanya dicantumkan adalah tanda tangan HRD atau kepala perusahaan.

Setelah Anda mengetahui beberapa aturan dari penulisan surat panggilan kerja di atas. Maka selanjutnya, Anda harus tahu secara detail pengertian dari surat panggilan di bawah ini.

Baca juga: Berapa Lama Interview Kerja Berlangsung. Menunggu Panggilan Interview

Pengertian Surat Panggilan Kerja

Surat panggilan kerja merupakan sebuah surat yang berasal dari perusahaan dan dikirimkan kepada seorang pelamar kerja.

Isinya meliputi informasi bahwasannya perusahaan tersebut meminta pelamar untuk memenuhi panggilan kerja atau interview. Surat panggilan ini termasuk surat resmi karena berisi informasi mengenai calon yang terpilih sebagai karyawan, undangan wawancara, sampai tes.

Umumnya, surat undangan dikirim perusahaan melalui email. Namun, sekarang banyak perusahaan yang mengirimkannya via WhatsApp. Berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview? Untuk waktu pemanggilan kerja setelah interview tergantung dari perusahaan tersebut biasanya paling lama seminggu dan paling cepat dua hari.

Apabila Anda masih bingung dan belum pernah melihat surat panggilan kerja, maka di bawah akan dijelaskan contoh surat tersebut.

Membuat Contoh Surat Panggilan Interview Lewat WA

 Selain dapat dikirim dalam bentuk hardcopy pada calon pelamar, ternyata surat panggilan kerja juga bisa dibuat untuk aplikasi WhatsApp yang dikirim secara online. Di bawah ini contoh dari surat panggilan kerja melalui WA:

Undangan seleksi wawancara PT. Aman Sentosa

Contoh 1

Selamat Siang,

 Dengan ini kami sampaikan dari pihak HRD PT. Aman Sentosa ingin mengundang saudara Nadira agar turut hadir dalam seleksi wawancara untuk lowongan Advertising. Seleksi wawancara ini akan diadakan pada:

Hari: Jumat

Tanggal: 4 Maret 2022

Pukul: 10.00 WIB hingga selesai

Lokasi: Jalan Sentosa Abadi, No. 168, Medan

 Catatan:

 

  1. Mohon seluruh peserta wawancara datang 10 menit sebelum jam wawancara.
  2. Diharapkan seluruh peserta menggunakan baju formal dan sopan, dengan bawahan hitam dan atasan putih.
  3. Seluruh peserta harus membawa dokumen lengkap, berupa fotocopy ijazah, transkrip nilai, KTP serta pas foto berwarna merah ukuran 4×6 3 lembar.

 Diharapkan seluruh peserta yang menerima pesan ini untuk mengkonfirmasi kehadiran dengan format balasan: Nama-hadir/ tidak hadir.

 

Contoh: Nadira_hadir.

 

Terima kasih

  

Kepala HRD

 

Contoh 2 

Undangan Tes dan Interview PT. Jaya Bakti

 Selamat Pagi,

Diberitahukan kepada saudara Najwa, bahwa PT. Jaya Bakti turut mengundang saudara untuk hadir dapat pada interview kerja pada :

Hari : Jumat

Tanggal : 4 Februari 2022

Jam : 10.00 WIB – Selesai

Lokasi : Jalan Ibrahim Umar no. 48, Medan

 Catatan :

 

  1. Mohon membawa hardcopy Curriculum vitae, surat lamaran kerja, transkip nilai, dan ijazah
  2. Mohon menggunakan pakaian bersih, rapi, dan sopan
  3. Mohon datang 15 menit sebelum waktu interview yang diberikan

 

Silahkan konfirmasi kehadiran Anda dengan membalas undangan ini menggunakan format :

Nama-Posisi yang akan dilamar- Hadir/Tidak Hadir

 

Terima kasih

HRD PT. Jaya Bakti

Baca juga: Contoh Pertanyaan Motivasi Kerja dan Jawabannya. Mudah dan Praktis

Penutup

Demikianlah informasi yang bisa penulis sampaikan mengenai contoh surat panggilan interview lewat WA, pengertian dan contohnya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda yang mengalami kesulitan dalam membuat surat panggilan interview.

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *