invisible hit counter

Cara Menolak Panggilan Interview Karena Sudah Bekerja

Cara Menolak Panggilan Interview Karena Sudah Bekerja

Bagaimana cara membatalkan panggilan interview? Bagi sebagian orang, pasti pernah mengalami yang namanya dipanggil secara bersamaan oleh perusahaan untuk interview. Hal ini tentu akan membuat orang tersebut merasa kebingungan harus memilih perusahaan mana yang akan diwawancarai. Namun, tidak perlu khawatir agar citra Anda tetap terlihat baik di mata perusahaan, maka Anda harus tahu bagaimana cara menolak tawaran interview yang benar.

Bagi Anda yang  saat ini merasa bingung bagaimana cara menolak panggilan interview yang baik dan benar.  Berikut ini akan penulis sajikan cara yang benar menolak panggilan wawancara agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

Cara Menolak Panggilan Interview Karena sudah Bekerja

Cara menolak interview kerja sebenarnya membutuhkan kiat-kiat yang tepat, agar bisa memberikan kesan yang baik kepada perusahaan. Hal ini memang harus karena pekerjaan untuk mendapatkan karyawan terbaik di perusahaan tidaklah mudah.

Oleh karena itu, agar perusahaan tidak merasa kecewa maka Anda harus menolak panggilan interview, dengan menyusun kata-kata penolakan yang halus. Di bawah ada angkah-langkah yang dapat menjadi acuan mengenai cara menolak panggilan interview karena sudah bekerja:

Pastikan Keputusan Anda Sudah Tepat

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memastikan  keputusan Anda benar-benar sudah tepat.  Misalnya, Anda lebih memilih perusahaan B dibandingkan dengan perusahaan A.

Hindari keputusan yang berubah-ubah, karena bisa menimbulkan kesan yang tidak baik oleh perusahaan.

Contoh keputusan yang benar adalah ditunjukkan dengan sikap percaya diri dan yakin terhadap rencana ke depannya dan sudah Anda pertimbangkan secara matang.

Baca Juga:  Contoh Kata-kata Perkenalan Diri yang Bagus. Tips Mudah Lolos Interview

Hubungi Pihak Perusahaan Secepat Mungkin

Bagaimana cara menolak lamaran kerja dengan baik? Setelah Anda menetapkan keputusan dengan bulat, cara menolak lamaran kerja yang baik adalah dengan menghubungi pihak perusahaan sesegera mungkin.

Hal ini perlu Anda lakukan segera karena berhubungan dengan proses wawancara dan lainnya. Hindarilah penundaan karena bisa menghambat proses kerja dari perusahaan untuk memilih kandidat lain yang lebih berpotensi.

Perlihatkan Apresiasimu dan Menyampaikan Permohonan Maaf

Biasanya, proses penyeleksian dokumen lamaran kerja membutuhkan waktu yang lama. Jadi, apabila Anda ingin menolak tawaran interview, maka tetap tunjukkan apresiasi  terhadap perusahaan tersebut.

Kemudian, Anda bisa menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa hadir interview dengan beberapa pertimbangan.

Berikan Alasan yang Jelas

Bolehkah menolak interview Kerja? Tentu boleh-boleh saja asal punya alasan yang kuat. Saat Anda memiliki rencana untuk menolak tawaran interview kerja, umumnya perusahaan bisa memahami dan menerima keputusan Anda. Namun, semua harus Anda sampaikan secara jelas dan tepat.

Alasan yang Anda sampaikan pun bisa singkat saja, tidak perlu detail. Misalnya, karena sudah bekerja Anda harus menolaknya atau alasan lain karena posisi yang ditawarkan tidak sesuai dengan ekspektasi Anda.

Tetap Membangun Koneksi dengan Perusahaan

Bagaimana jika tidak bisa menghadiri interview? Walaupun Anda sudah merencanakan untuk tidak hadir dalam interview, sebaiknya Anda tetap membangun koneksi dengan perusahaan tersebut. Sebab, tidak seorang pun yang tahu ke depannya bagaimana.

Baca Juga:  Panduan Mudah Membuat Surat Pengunduran Diri di Word

Bisa saja Anda menjadi salah satu orang yang ditunjuk oleh perusahaan untuk bekerja sama dengan perusahaan yang Anda tolak.

Selain itu, dengan Anda membangun sebuah koneksi terhadap perusahaan, maka hal ini bisa menjadi jembatan untuk hubungan perusahaan tersebut dengan para pencari kerja pada masa yang akan datang.

Salah satu manfaat yang akan Anda dapat ketika membangun hubungan yang baik dengan perusahaan tersebut adalah perusahaan bisa menyimpan seluruh dokumen lamaran Anda jika suatu saat Anda ingin melamar kerja lagi di sana. Menarik, bukan?

Baca juga: Contoh Panggilan Kerja via Email Asli Mudah Dan Menarik

Contoh Alasan Menolak Interview Kerja

Di bawah ini ada satu contoh yang bisa menjadi referensi Anda untuk membuat kata-kata penolakan saat Anda dipanggil untuk interview kerja.

Contoh 1

Terima kasih banyak atas kesempatan yang telah diberikan oleh Bapak/Ibu, saya sangat menghargai undangan wawancara ini. Saya terkesan dengan keprofesionalan PT. Maju dalam melakukan penyeleksian karyawan, sehingga saya terpilih untuk mendapatkan kesempatan ini.

 Namun, izinkan saya menyampaikan permohonan maaf karena melalui beberapa pertimbangan, saya memutuskan tidak melanjutkan ke tahap selanjutnya yang sudah Bapak/Ibu tawarkan.

 Alasannya dikarenakan beberapa waktu lalu, saya sudah mulai bekerja di salah satu perusahaan. Saya harap Bapak/Ibu dapat memahaminya dan segera mendapatkan kandidat lain yang lebih berpotensi.

 Saya juga berharap tetap bisa berkomunikasi dengan kepada Bapak/Ibu, apabila di kemudian hari ada program yang dapat dikerjakan bersama-sama.

 

Baca Juga:  Cara Mengubah Gambar JPG ke PDF Tanpa Aplikasi

Demikianlah informasi saya sampaikan, terima kasih atas tawaran interview ini. Semoga PT. Maju selalu sukses.

 Hormat saya,

 

Nindi Permata

 

 Contoh 2

 Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk interview sebagai Administrasi di PT. XXX Namun, dengan berat hati saya memohon maaf karena tidak bisa menerima tawaran tersebut disebabkan sudah memiliki kontrak dengan perusahaan lain.

 Saya sangat menghargai proses rekrutmen yang diberikan oleh perusahaan. Sekali lagi terima kasih atas seluruh kesempatannya. yang sudah diberikan kepada saya”

 Hormat saya,

 

Lala

 

Ketika Anda memperoleh tawaran  pekerjaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi dan keinginan Anda, maka Anda berhak untuk menolaknya secara profesional dan sopan. Dengan begini, citra diri Anda akan dipandang baik oleh HRD.

Selain itu, dalam menyampaikan keputusan Anda terhadap perusahaan harus didasari dengan kesopanan dan kejujuran. Hal ini Anda lakukan agar menunjukkan bahwa Anda merupakan salah satu contoh calon karyawan yang bertanggungjawab dalam mengambil keputusan.

Penutup

inilah beberapa tips dan contoh bagaimana cara menolak panggilan interview karena sudah bekerja yang dapat dijadikan sebagai referensi. Semoga apa yang sudah penulis sampaikan ini bisa membantu Anda untuk mengambil keputusan terbaik. Semoga Anda selalu sukses  di masa yang akan datang.

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *