invisible hit counter

Penasaran Berapa Lama Panggilan Kerja Setelah Melamar

Berapa Lama Panggilan Kerja Setelah Melamar

Memperoleh kesempatan wawancara pada perusahaan yang Anda dambakan adalah sesuatu yang menyenangkan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang perlu menunggu panggilan kerja setelah wawancara dan waktunya pun lama. Berapa Lama Panggilan Kerja Setelah Melamar? Biasanya rata-rata waktu yang Anda perlukan untuk menunggu panggilan kerja setelah wawancara adalah seminggu sampai sebulan.

Apalagi jika Anda merasa sudah menjalankan wawancara secara maksimal. Mungkin Anda selalu bertanya-tanya, kenapa perekrut tidak segera mengabari hasilnya. Daripada harus menebaknya, alangkah baiknya mengetahui jawaban berapa lama waktu panggilan kerja setelah melamar dengan membaca Informasi dalam artikel ini.

Alasan Mengapa Harus Menunggu Wawancara HRD

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menunggu hasil wawancara dari HRD. Inilah beberapa alasan yang bisa penulis sajikan untuk Anda:

HRD Lama Merespons

 Biasanya, HRD harus menunggu tanggapan balik dari pemimpin perusahaan terkait hasil wawancara. Umumnya, proses rekrutmen calon karyawan membutuhkan persetujuan dari beberapa pihak untuk menyetujuinya.

Namun, bisa saja pemimpin perusahaan sedang sibuk, sakit, atau karena ada alasan lainnya. Sehingga HRD lama memberikan informasi terkait pekerjaan terhadap calon karyawan. Hal inilah yang kadang membuat Anda bertanya-tanya berapa lama panggilan kerja setelah melamar.

Baca juga: Contoh Panggilan Kerja via Email Asli Mudah Dan Menarik

Banyaknya Pekerjaan Perekrut

Biasanya proses rekrutmen, membutuhkan waktu untuk mengumpulkan calon karyawan yang terbaik. Selain itu, mereka juga membutuhkan waktu untuk bisa menyaring sesuai dengan kriteria dari perusahaan.

Hal ini sebenarnya sering terjadi apalagi jika melamar pada sebuah perusahaan besar. Pasti ada ribuan pelamar lain ikut mengirimkan data dirinya dan semua ingin lolos sebagai karyawan.

Posisi Diincar Karyawan Internal

Ketika lamaran Anda masih didiskusikan dan diperiksa, tapi ternyata ada karyawan yang merekomendasikan seseorang tertentu. Maka keadaan seperti ini akan membuat opsi baru bagi perekrut, apakah harus memilih Anda atau karyawan tersebut. Jika terjadi seperti ini, maka mereka memerlukan waktu yang tidak sebentar lagi.

Perusahaan Sedang Menghadapi Masalah

Perusahaan bisa saja sedang menghadapi masalah yang mendesak. Misalnya saja, mereka sedang mempersiapkan peresmian cabang baru, mereka sedang mengalami penurunan nilai tukar, atau masalah yang lainnya. Tentu hal inilah menjadi prioritas perusahaan tersebut.

Pemimpin Perusahaan Tidak Yakin dengan Calon Karyawan

Alasan yang sering didengar jika Anda lama mendapatkan kabar dari perusahaan, karena pemimpinnya menganggap Anda belum masuk kualifikasi perusahaan.

Misalnya saja bisa disebabkan, karena ketidakcocokan dengan pengalaman kerja, CV, hasil wawancara, atau hal lainnya. Hal inilah yang membuat pemimpin merasa memerlukan waktu lebih.

Perusahaan Memberi Kesempatan Pada Calon Lainnya

Untuk kasus lainnya, perekrut biasanya mengulur waktu pengumuman hasil wawancara dikarenakan masih memberikan kesempatan untuk calon karyawan lainnya. Mereka menunggu kandidat calon karyawan yang punya kapasitas, kemampuan dan skill yang sedang mereka butuhkan segera.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu persiapan jika calon pertama tidak menerima tawaran pekerjaan dari perusahaan. Hal inilah yang membuat perusahaan memerlukan kandidat lainnya sebagai cadangannya.

Kenapa Panggilan Interview Lama?

Biasanya rata-rata waktu yang diperlukan untuk menunggu panggilan kerja setelah wawancara  seminggu sampai sebulan.

Untuk memastikannya, Anda bisa  menanyakan pada perekrut mengenai batas dari waktu pengumuman agar tidak penasaran.

Namun, jika Anda lupa menanyakan tenggat waktu atau perekrut tidak memberikan kepastian, maka ini bisa menjadi penyebab Anda lama dipanggil wawancara .

Dengan begini, Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari jawaban berapa lama panggilan kerja setelah melamar?

Jika sudah tahu berapa waktu menunggu panggilan setelah wawancara kerja, ini berarti Anda sudah siap untuk melamar dan mencari kerja lain.

Jadi meskipun Anda sedang menunggu jawaban dari wawancara tersebut, maka tidak ada salahnya jika mencoba peruntungan dengan mencari kesempatan kerja lainnya.

Bolehkah Mengirim Lamaran Kerja 2 Kali?

Akhir-akhir ini memang mengirim lamaran dengan menggunakan surel ataupun surat elektronik lebih disukai dan mudah. Dibandingkan dengan lamaran yang dikirim langsung melalui alamat perusahaan.

Salah satu alasannya sebenarnya agar lebih simpel, hemat kertas dan memanfaatkan teknologi. Namun, dengan adanya kebijakan ini malah akan membuat kekhawatiran bagi para calon pelamar, karena bisa menyebabkan surel yang dikirim menjadi tidak terbaca oleh HRD atau masuk langsung ke spam.

Hal inilah yang kadang membuat calon pelamar merasa cemas, apalagi ada harapan untuk lowongan pekerjaan tersebut. Pada, akhirnya muncul ide untuk mengirimkan surat lamaran satu kali lebih untuk lowongan pekerjaan yang sama, dengan begini ada harapan dibaca oleh tim HRD.

Namun, ternyata hal ini tidak seharusnya Anda lakukan. Sebab, secara tidak langsung pesan tersebut dinilai sebagai email spam. Oleh karena itu, perlu kebijakan dengan memberikan jeda dari surel lamaran satu dengan surel lainnya.

Contohnya beri waktu seminggu dan jangan lebih dari tiga kali agar menghindari spam. Selain itu, pastikan juga CV yang Anda kirim sesuai dengan Applicant Tracking System atau ATS.

Sehingga lamaran Anda bisa langsung pindah dan masuk ke dalam sistem perusahaan tersebut. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan jalur intern referral, di mana Anda bisa menggunakan jalur rekomendasi. Sehingga peluang CV Anda untuk dibaca tim HRD jauh lebih besar jika dibandingkan cara lainnya.

Lalu kenapa HRD 2 minggu? 2 minggu sendiri adalah sebuah proses di mana HR akan men-review hasil tes maupun wawancara, karena kadang yang melamar ada beberapa orang pelamar.

Jadi apabila dalam 2 minggu tidak ada informasi dari perusahaan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Anda tidak diterima sebagai karyawan. Selain itu, perekrutan sebuah kandidat di sebuah perusahaan yang sudah besar, established pastinya sudah mempunyai SOP tersendiri.

Baca juga: Cara Menolak Panggilan Interview Karena Sudah Bekerja

Penutup

Jadi mereka tidak bisa asal-asalan karena ada aturan dari global atau perusahaan induk yang akan berlaku bagi semua countrynya. Jadi tidak serta-merta 2–3 hari sudah memperoleh hasil siapa kandidat yang akan lolos dan terpilih.

Ada juga beberapa faktor sebagai penentu agar memperoleh kualitas kandidat yang talented dan terbaik. Demikianlah informasi yang bisa penulis sampaikan bagi Anda mengenai berapa lama panggilan kerja setelah melamar. Semoga Anda segera mendapatkan  pekerjaan sesuai dengan skill yang Anda miliki.

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *