invisible hit counter

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya

Sebelum Anda melamar pekerjaan Anda perlu mempelajari apa saja yang menjadi pertanyaan kantor tempat Anda bekerja. Semua dalam rangka mengantisipasi pertanyaan yang sulit yang tidak bisa Anda jawab.

dalam artikel ini Anda akan belajar bagaimana menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabannya.

Mampu menjawab pertanyaan merupakan salah satu kunci agar Anda bisa lolos wawancara kerja. Maka, mempersiapkan diri sebaik mungkin adalah langkah cerdas sebelum Anda memulai wawancara kerja.

Ada beberapa pertanyaan umum yang mungkin akan Anda dapatkan saat interview kerja. Berikut kami berikan cara menjawab interview kerja dengan contohnya.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya

Penasaran apa saja pertanyaan yang sering muncul saat wawaancara kerja? Inilah pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabannya:

Apa yang Anda tahu tentang perusahaan ini?

Pertanyaan ini disampaikan untuk menggali pengetahuan tentang seberapa kenal Anda dengan perusahaan. Sebelumnya, Anda bisa mencari info tentang perusahaan yang akan Anda lamar baik lewat website resmi, media sosial atau yang lainnya. Jangan lupa Anda juga bisa memahami visi dan misi perusahaan. Karena pertanyaan itu, kemungkinan bisa muncul saat sesi wawancara.

Bagaimana jika Anda memang kurang info tentang profil perusahaan? Maka Anda bisa menjawab dengan jawaban umum dan menunjukkan optimisme kepada perusahaan tersebut.

Baca Juga:  Menjawab Pertanyaan Apa Motivasi Kerja Saat Interview yang Tepat

Baca juga: Panduan bagaimana cara menolak lamaran kerja. Mudah dan Praktis

Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?

Ini pertanyaan mereka berikan kepada Anda untuk mengetahui motivasi dan kesungguhan Anda bekerja di perusahaan tersebut. ada beberapa pertanyaan dan jawaban yang bisa Anda berikan untuk menjawab pertanyaan itu dan di antaranya:

  1. “Saya ingin mendapatkan pengalaman dan ilmu di perusahaan ini. Menurut saya, perusahaan ini mempunyai budaya kerja yang baik untuk karier saya”

  2. “Bagi saya pekerjaan ini menantang dan saya ingin memberikan kontribusi kepada perusahaan ini. Saya meyakini tempat ini akan memberikan jalan karier yang cerah di masa depan.”

  3. “Saya ingin menjadi orang yang lebih produktif lagi setelah sekian lama saya bekerja sebagai seorang freelancer”

Itu beberapa jawaban yang bisa Anda sampaikan. Anda juga bisa memberikan jawaban yang lain sesuai dengan kondisi Anda. Namun yang paling penting, Anda harus menjawab dengan penuh keyakinan dan optimisme.

Hindari memberikan jawaban interview kerja dengan terlalu detail. Misalnya, “Saya ingin bekerja disini karena perusahaan ini menawarkan gaji yang besar” Sebenarnya, Anda boleh saja menyampaikan jawaban seperti itu. Namun itu, jawaban itu kurang etis untuk Anda sampaikan. Pihak perusahaan pun juga akan menganggap bahwa Anda kurang bisa berintegritas.

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Selain pertanyaan di atas, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan kepada calon pekerja yang baru lulus sekolah. Berikut beberapa contoh pertanyaan tersebut.

Baca Juga:  10 Cara Mengirim CV Lewat Email yang Baik dan Benar

Sebutkan Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Perusahaan juga ingin mengetahui kekurangan dan kelebihan Anda. Anda bisa menjawab dengan jujur mengenai kekurangan dan kelebihanmu. Sampaikan dengan jujur dan jangan dibuat-buat serta berlebihan.

Ketika Anda menyampaikan kekurangan Anda, Anda bisa menyampaikannya namun harus dengan solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kekuranganmu. Misalnya, kekurangan saya adalah kurang tepat waktu. Namun, saya akan berusaha untuk tepat waktu dengan berangkat lebih awal.

Bisakah Anda bekerja dengan rekan lain?

Perusahaan pastinya ingin merekrut karyawan yang bisa bekerja sama dengan anggota lain. Maka ketika Anda mendapatkan pertanyaan tersebut, Anda bisa meyakinkan perusahaan bahwa Anda bisa berkoordinasi dengan karyawan lainnya.

Untuk mendukung pernyataan Anda, Anda bisa sampaikan pengalaman organisasi yang pernah Anda ikuti, termasuk dengan jabatan apa yang Anda pegang.

Apakah Anda siap bekerja di bawah tekanan?

Budaya kerja di perusahaan itu terkenal fokus dan penuh target. Hal itu tidak jarang menuntut para karyawannya untuk bisa bekerja di bawah tekanan deadline. Terlebih jika perusahaanmu mempunyai projek yang harus segera diselesaikan. Maka tidak menutup kemungkinan, Anda harus mengambil lembur hingga larut malam.

Baca Juga:  Cara Mengubah Gambar JPG ke PDF Tanpa Aplikasi

Untuk pertanyaan ini, Anda bisa menjawab sesuai dengan kondisi Anda. Namun perlu Anda ingat, hampir semua pekerjaan itu mempunyai beban yang berat dan dalam tekanan.

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Salah satu pertanyaan umum yang pertama Anda dapatkan saat interview kerja adalah tentang identitas Anda. Pihak perusahaan akan meminta Anda menjelaskan diri Anda beserta dengan latar belakang Anda.

Coba perkenalkan diri Anda

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan untuk mengenalkan diri Anda. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa mengenalkan nama lengkap dan nama panggilan. Setelah itu, Anda bisa menyebutkan umur dan pendidikan terakhir. Jika Anda punya prestasi atau keahlian yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Maka Anda bisa juga menyampaikan kepada rekruiter dengan singkat.

Kesimpulan

Sudahkah Anda siap menjawab pertanyaan interview kerja. Anda bisa meniru contoh di atas untuk menjadi persiapan Anda saat menghadiri interview kerja. Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan umum yang sering perusahaan tanyakan. Perlu Anda ketahui bahwa interview kerja itu merupakan tahapan penting apakah Anda bisa bekerja di tempat tersebut atau tidak.

Demikian pembahasan tentang pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview dan jawabannya yang bisa penulis sajikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *