invisible hit counter

Menjawab Pertanyaan Apa Motivasi Kerja Saat Interview yang Tepat

pertanyaan apa motivasi kerja saat interview

Saat wawancara di sebuah perusahaan, pernahkah Anda mendapatkan pertanyaan apa motivasi kerja saat interview? Pertanyaan tersebut cukup sering ditanyakan, lho. Tetapi, tidak sedikit pelamar kerja malah kebingungan untuk memberi jawaban. Padahal menjawab pertanyaan dengan tepat, bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima Anda.

Ketika interview kerja, perusahaan tentu menginginkan Anda untuk memberikan jawaban yang tepat. Termasuk apa motivasi Anda bekerja. Dengan demikian, pihak pewawancara akan lebih yakin untuk menerima Anda bekerja.

Perlu Anda pahami, bahwa motivasi kerja menjadi salah satu alasan atau tujuan seseorang ketika melakukan sesuatu. Motivasi melamar pekerjaan yaitu alasan Anda bekerja, mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan, atau passion apa yang Anda miliki.

Pertanyaan Apa Motivasi Kerja Saat Interview

Sering merasa berdebar-debar dengan pertanyaan yang akan diajukan saat wawancara kerja? Anda bisa mempelajari beberapa contohya dalam artikel ini.

Tujuan Pertanyaan Apa Motivasi Kerja Saat Interview

Tujuan seseorang dalam bekerja bisa berbeda-beda, seperti mencari uang sebanyak-banyaknya, memperluas relasi, mengembangkan kemampuan, dan lain sebagainya. Perusahaan mengajukan pertanyaan ini tidak semata-mata hanya ingin mengetahui motivasi Anda. Karena semua orang sudah mengetahui bahwa dengan bekerja pasti akan mendapatkan gaji. Namun perusahaan ingin mengetahui seberapa cocoknya motivasi Anda untuk bekerja dengan budaya kerja dan visi-misi perusahaan.

Anda harus mengumpulkan semua informasi tentang perusahaan, sebelum Anda interview kerja di perusahaan tersebut. Anda bisa mencari lewat internet atau teman yang bekerja di perusahaan tersebut. Mendapatkan informasi tentang budaya kerja dan tujuan perusahaan adalah salah satu hal yang penting. Semakin sesuai jawaban Anda saat interview kerja, semakin besar peluang Anda untuk bekeja di perusahaan tersebut.

Baca Juga:  Panduan Membuat Contoh Surat Resign Simple dan Mudah

Hal selanjutnya yang harus Anda persiapkan yaitu jawaban yang akan Anda sampaikan. Dalam hal ini, sebaiknya Anda tidak menjabarkan rencana karir Anda pada masa depan. Seperti apa yang ingin Anda raih atau posisi apa yang Anda incar. Tetapi hal-hal konkret dari jobdesk pekerjaan yang Anda lamar.

Menjabarkan hal tersebut, akan mempertegas bahwa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar. Sebagai contoh, tentu saja orang yang termotivasi bekerja dalam sebuah tim dan termotivasi untuk memimpin sebuah tim pasti berbeda. Baca ulang kriteria karyawan yang perusahaan butuhkan dan pastikan cocok dengan motivasi Anda.

Jawaban Pertanyaan Pertanyaan Apa Motivasi Kerja Saat Interview

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana menjawab pertanyaan apa motivasi kerja saat interview. Berikut ini contoh jawaban pertanyaan motivasi kerja yang bisa Anda coba.

Bagaiamana Anda Memberikan Pelayanan Terbaik bagi Klien?

“Motivasi yang paling besar ketika saya bekerja yaitu ingin memberikan pelayanan terbaik kepada klien perusahaan. Saya ingat, dahulu orang tua saya pernah bercerita bahwa sejak kecil saya memiliki tendensi untuk mengayomi dan peduli dengan orang sekitar saya. Saya tumbuh dan berkembang menjadi seorang individu yang peduli terhadap sekitar. Mempunyai sifat seperti ini telah membawa saya menjadi supervisor pada perusahaan sebelumnya dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun.”

Baca Juga:  Daftar Alamat Email Aktif Perusahaan di Cikarang Terbaru

Bagaimana cara Anda Mencapai Sebuah Hasil yang Sesuai?

“Saya memiliki motivasi terhadap hasil. Saya sangat terpacu untuk bekerja ketika memiliki tujuan yang jelas dan terukur. Sehingga saya bisa membuat strategi terbaik untuk mencapai suatu hasil. Saya memiliki pengalaman bekerja dalam sebuah tim dengan target tahunan yang fantastis. Saya menyiasati target tersebut dengan mempunyai target mingguan dan bulanan untuk melampauinya. Selama dua tahun saya bekerja dengan target tersebut dan selalu saya capai bahkan melebihi target.”

Apakah Anda memiliki Memiliki Kemampuan Managerial?

“Saya pernah mendapatkan tanggung jawab untuk membentuk dan menjadi pimpinan satu divisi baru. Saya harus mengatur, membuat jadwal, dan membangun tim yang solid. Mempunyai kemampuan managerial yang bisa tim terima untuk mencapai tujuan perusahaan, membuat saya termotivasi untuk menjadi manajer yang lebih baik lagi.”

Bagaimana Anda Mengolah Data?

“Mengolah data menjadi motivasi terbesar saya dalam bekerja. Cukup beri saya data dan informasi atau pertanyaan yang cukup kompleks. Saya akan senang untuk menyelesaikannya dengan segera. Saat ini saya memiliki tanggung jawab untuk mengolah data serta menyajikannya dalam tren pasar secara bulanan. Informasi yang saya dapatkan akan menjadi penentu langkah-langkah strategis yang akan para manajer pilih.”

Baca Juga:  Penasaran Berapa Lama Panggilan Kerja Setelah Melamar

Baca juga: Contoh Kata-kata Perkenalan Diri yang Bagus. Tips Mudah Lolos Interview

Alasan Perusahaan Menanyakan Motivasi Kerja Saat Interview

Kenapa perusahaan menanyakan pertanyaan apa motivasi kerja saat interview? Perusahaan bertujuan untuk mengetahui apakah sumber motivasi Anda bekerja, searah dengan posisi yang sedang Anda lamar.

Selain itu, tujuan dari perusahaan menanyakan pertanyaan tersebut yaitu untuk mengetahui apakah Anda (sebagai pelamar) menyadari motivasi Anda bekerja saat ini. HRD ingin mencari tahu apakah Anda dapat bekerja dengan stabil dan memiliki motivasi inisiatif diri yang kuat ketika mulai bekerja.

Kesimpulan

Itulah beberapa jawaban yang bisa Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan apa motivasi kerja saat interview. Setelah membaca referensi yang Anda gunakan, ada tiga hal yang bisa menjadi pertimbangan tambahan bagi Anda.

Pertama, coba pikirkan pencapaian karir yang membuat Anda bangga sampai saat ini. Kedua, coba ingat kembali hari-hari saat Anda bersemangat untuk bekerja dan menyelesaikan suatu proyek. Ketiga, pikirkan ketika Anda tidak sabar untuk menceritakan pengalaman menarik kepada orang terdekat Anda. Hal tersebut bisa menjadi motivasi terbesar Anda dalam bekerja dan bisa Anda tambahkan sebagai contoh nyata.

Jangan lupa untuk selalu berpikir positif dan berantusias tinggi ketika proses interview kerja dan menjawab pertanyaan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *