invisible hit counter

Panduan Membuat Kata Kata Pamitan Keluar Kerja yang Menarik dan Berkesan

kata-kata pamitan keluar kerja

Jika Anda ingin membuat kata kata pamitan keluar kerja, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

Pertama, Anda harus mempersiapkan waktu, tenaga dan pikiran untuk membuat kata-kata perpisahan dengan baik. Jangan membuatnya dengan terburu-buru. Apalagi membuatnya ketika sedang bad mood.

Kedua, Anda harus memikirkan apa yang Anda rasakan selama bekerja. Apa saja yang sudah Anda lalui, bagaimana kondisinya, sampai suka dan duka yang sudah Anda lalui bersama rekan kerja.

Selanjutnya, tuliskan beberapa hal yang dapat menggugah jiwa. Anda dapat mengungkapkan perasaan Anda dengan jujur, tapi tidak berlebihan dan mengada-ada. Jangan lupa untuk menuliskan permohonan maaf dan ucapan terima kasih. Biasanya dalam kata-kata perpisahan kerja memuat kedua hal tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan pesan dan kesan selama bekerja kepada satu persatu rekan kerja. Sehingga kata-kata perpisahan bisa lebih bersifat personal.

Lalu, bagaimana cara membuat kalimat pamitan keluar kerja yang baik? Lalu, apa saja contoh kata kata pamitan keluar kerja? Mari simak artikel berikut ini.

Kata Kata Pamitan Keluar Kerja Lewat Whatsapp

Bagi Anda yang sedang berpikir bagaimana caranya menyusun kalimat pamitan keluar kerja pada bos, tips dan trik di bawah ini bisa Anda coba. Berikut ini kalimat pamitan keluar kerja lewat Whatsapp yang baik dan benar.

Menyampaikan Kata Sapaan Terlebih Dulu

Ketika Anda hendak menyusun kata kata pamitan keluar kerja lewat Whatsapp, Anda harus menyadari bahwa orang yang akan menerima pesan adalah bos Anda. Jadi, sebelum menyampaikan alasan resign, Anda harus menyapa bos dengan kalimat berikut ini:

Baca Juga:  10 Cara Mengirim CV Lewat Email yang Baik dan Benar

“Selamat pagi Pak. Saya (nama Anda) dengan jabatan (sebutkan jabatan Anda) melalui pesan whatsapp ini, ingin menginformasikan bahwa saya ingin menyampaikan perihal pengunduran diri saya.”

Menuliskan Alasan Resign

Setelah membuat kata-kata pembuka pamitan keluar kerja, Anda dapat melanjutkan dengan menuliskan tentang alasan Anda mengundurkan diri. Hal tersebut bertujuan agar bos Anda dapat memahami alasan resign Anda dengan baik. Berikut ini contoh kalimat pamitan keluar kerja lewat whatsapp untuk alasan resign:

“Alasan pengajuan permohonan ini karena saya ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak. Karena saya menyampaikan permohonan ini hanya melalui WA.”

Bentuk-bentuk alasan Anda resign, dapat Anda sampaikan dengan keadaan yang sesungguhnya. Misalnya Anda ingin membangun bisnis, pindah domisili, fokus dengan keluarga, dan lain sebagainya.

Mengutarakan Rasa Terima Kasih

Dalam membuat kata kata pamitan keluar kerja pada bos, Anda harus menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah berkesempatan untuk belajar dan bekerja di perusahaan. Anda dapat menulis pesan seperti ini:

“Melalui pesan Whatsapp ini, saya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih saya kepada Bapak dan rekan-rekan kerja semuanya. Saya mempunyai kesempatan untuk belajar sekaligus mendapatkan pengalaman selama saya bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin.”

Menginformasikan Surat Pengunduran Diri secara Formal

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan ketika resign lewat Whatsapp yaitu informasikan kepada bos Anda bahwa Anda akan mengirimkan surat pengunduran diri. Surat tersebut harus diberikan secepat mungkin dan sebagai bukti bahwa Anda mempunyai niat untuk resign dari perusahaan tersebut. Contohnya yaitu:

Baca Juga:  Mengenal Struktur Surat Lamaran Pekerjaan dan Contohnya

“Sebagai tindak lanjut dari surat permohonan ini, saya akan segera menemui Bapak secara langsung dan menyampaikan surat pengunduran diri secara resmi. Terima kasih atas perhatian Bapak.”

Baca juga: Panduan Membuat Alasan keluar Kerja Saat Interview yang Tepat

Ucapan Minta Maaf Kepada Rekan Kerja

Sebelum menyampaikan permohonan maaf kepada rekan kerja, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini cara meminta maaf kepada rekan kerja:

Izin Meminta Waktu

Sebelum meminta maaf kepada rekan kerja dan atasan, sebaiknya Anda meminta waktu terlebih dahulu. Karena Anda tidak mengetahui apakah mereka bisa diajak berbincang atau tidak.

Anda bisa meminta waktu ketika jam makan siang atau sepulang kerja, agar perbincangan tidak terganggu dengan pekerjaan lain.

Mengakui Kesalahan

Langkah selanjutnya setelah meminta waktu kepada rekan dan atasan, Anda perlu mengakui kesalahan yang pernah dilakukan.

Walaupun berat dan tidak nyaman, mengakui kesalahan mampu menunjukkan bahwa Anda bersungguh-sungguh meminta maaf.

Contoh ucapan maaf kepada rekan kerja:

“Sebelumnya saya ingin meminta maaf, Pak/Bu. Saya tahu bahwa perilaku saya terkadang kurang tepat selama bekerja, …”

Memberikan Alasan yang rasional

Contoh alasan rasional Anda ketika hendak resign bekerja:

“Maaf jika saya tidak dapat menyelesaikan pekerjaan saya sampai akhir. Pada bagian X, saya merasa kesulitan untuk memahami arahan.”

Mempertimbangkan Perasaan Pimpinan

Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah. Mudah dan Menghasilkan

“Mohon maaf mengenai kesalahan yang saya telah perbuat. Saya sadar kesalahan tersebut telah merugikan Anda.”

Menutup dengan Ucapan Terima Kasih

Usahakan untuk selalu mengucapkan terima kasih. Karena, ketika Anda ingin meminta maaf secara personal, Anda sudah meminta waktu serta tenaga dari atasan dan rekan kerja.

Ucapan Resign Lucu

Kalimat pamitan keluar kerja pada bos dan rekan kerja yang lucu bisa menjadi pilihan tepat. Yuk simak ucapan resign lucu berikut ini.

  • Tidak usahlah main ke rumah. Main saja ke telaga. Hancur badan di kandung tanah. Kamu kusanjung kuingat juga.
  • Mungkin ada beribu-ribu kenangan yang mungkin akan menjadi memori yang indah, mungkin juga tidak akan dapat diulangi lagi.
  • Jabatan tangan ini bukan ungkapan perpisahan, bukan pula ucapan selamat atas prestasi kerjamu. Tapi sebagai sebuah tanda bahwa aku akan selalu mengharapkan bantuanmu. Selamat berpisah kawan, semoga sukses.

Kesimpulan

Itulah kata kata pamitan keluar kerja yang bisa Anda sampaikan ketika hendak mengajukan resign dari tempat kerja. Terkadang keluar dari tempat kerja terasa berat. Apalagi bila hubungan sosial kita dengan orang-orang uang ada di kantor baik bahkan seperti saudara sendiri. Pasti terasa berat untuk berpamitan. Tapi ya mau bagaimana lagi. Kita ingin keluar bukan karena nggak betah atau sedang ada masalah. Kita mau keluar karena ada impian yang ingin dicapai. Perlu Anda ingat bahwa Alasan keluar kerja harus Anda sampaikan dengan baik dan benar. Selamat mencoba.

 

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *