invisible hit counter

Membuat CV Lamaran Kerja Lulusan SMA Mudah dan Praktis

Membuat CV Lamaran Kerja Lulusan SMA

Memperoleh pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat kita bukanlah sesuatu yang mudah. Anda perlu kerja keras yang ekstra untuk mencari pekerjaan yang layak. Apalagi bagi anak lulusan SMA. Rata-rata perusahaan mencari karyawan yang sudah berpengalaman. Tetapi jangan menyerah terlebih dahulu. Persiapkan diri Anda dan buat CV lamaran kerja lulusan SMA sebaik mungkin.

Membuat CV lamaran kerja lulusan SMA yang baik dan menarik harus Anda lakukan agar HRD tertarik untuk menerima lamaran kerja Anda. Lalu apa saja isi CV lulusan SMA? Bagaimana contoh CV lamaran kerja lulusan SMA yang baik dan benar? Simak ulasannya berikut ini.

Contoh CV Lulusan SMA

Sebelum membahas contoh CV lamaran kerja lulusan SMA, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa CV dalam lamaran kerja? CV (Curriculum Vitae) atau resume merupakan gambaran diri Anda. Sebuah perusahaan atau organisasi pertama kali akan melihat CV dari seorang pelamar ketika melamar pekerjaan.

Dalam pembuatan CV lamaran kerja, Anda tidak bisa sembarangan. Anda harus mencantumkan informasi lengkap tentang deskripsi diri, mulai dari nama hingga riwayat pendidikan Anda. Kemudian, Anda juga harus mencantumkan beberapa pengalaman dan keahlian yang Anda miliki.

Anda bisa membuat CV yang menarik dengan mencantumkan berbagai keahlian ketika masih bersekolah di SMA. Selain itu, jelaskan seberapa aktif Anda dalam organisasi sekolah. Tonjolkan semua kelebihan Anda dengan tampilan CV yang kekinian dan menarik.

Untuk menambahkan nilai positif Anda kepada HRD, tambahkan juga beberapa lampiran dokumen pendukung semua kegiatan Anda saat SMA. Contohnya piagam penghargaan atau sertifikat pelatihan Palang Merah Remaja. Lalu, apa saja berkas lamaran kerja lulusan SMA?

Baca Juga:  Inilah Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali Lulusan SMA

Berikut ini dokumen yang harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja:

  • Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup
  • Portofolio (jika ada dan diperlukan)
  • Fotokopi Ijazah
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi KTP
  • Pas Foto

Isi CV Lulusan SMA

CV menjadi persyaratan utama dari sebuah perusahaan tempat Anda melamar. Bagi Anda lulusan SMA atau mahasiswa yang akan membuat CV, sebaiknya Anda sertakan hal-hal berikut ini:

  • Data diri. Pada kolom ini, Anda harus mencantumkan identitas lengkap dengan kontak aktif yang dapat dihubungi. Misalnya alamat e-mail atau nomor telepon. Jika Anda mempunyai situs website yang isinya portofolio hasil karya Anda, bisa juga menambahkannya di sini.
  • Riwayat pendidikan. Anda tidak perlu mencantumkan pendidikan taman kanak-kanak dan sekolah dasar pada bagian ini. Anda hanya perlu mencantumkan pendidikan terakhir Anda pada saat SMA, kuliah, dan pendidikan non-formal yang relevan dengan lowongan pekerjaan.
  • Pengalaman bekerja/magang. Ini merupakan elemen yang sangat penting. Jika Anda pernah bekerja paruh waktu, magang, atau freelance, Anda dapat mencantumkannya dalam CV. Pengalaman tersebut sangat berharga, karena perusahaan akan melihat Anda memiliki pengalaman pada bidang tertentu.
  • Pengalaman organisasi. Jika Anda tidak memiliki pengalaman bekerja atau magang, Anda bisa mencantumkan pengalaman organisasi saat SMA atau kuliah ke dalam CV.
  • Karya ilmiah, publikasi, dan paper. Jika Anda memiliki publikasi di jurnal bergengsi atau pernah membuat karya ilmiah, maka Anda bisa mencantumkannya dalam CV. Apalagi jika tujuannya untuk keperluan akademis.
  • Keterampilan pendukung lainnya. Jangan sampai lupa, Anda juga harus mencantumkan keterampilan pendukung yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya, Anda mendaftar untuk magang pada posisi digital marketing, Anda bisa mencantumkan kemampuan Anda dalam mengoperasikan komputer ke dalam CV.
Baca Juga:  Contoh Pertanyaan Motivasi Kerja dan Jawabannya. Mudah dan Praktis

Baca juga: Panduan bagaimana cara menolak lamaran kerja. Mudah dan Praktis

Contoh CV Fresh Graduate SMA yang Baik

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama                               : Muhammad Fathan

Tempat, Tanggal Lahir  : Jakarta, 10 Januari 1994

Jenis Kelamin                : Laki-laki

Status                               : Belum Menikah

Alamat                             : Jalan Mawar No. 10 Jakarta

No. Telepon                    : 082233445566

Email                                : fathan.muhammad@gmail.com

RIWAYAT PENDIDIKAN TERAKHIR

SMAN 8 Jakarta – IPA  | 2018-2021

RIWAYAT PEKERJAAN

Operator mesin di PT. Indo Prima, Surabaya: Tahun 2019-2020

Teknisi Elektro di PT. Jaya Kusno, Surabaya: Tahun 2020-2021

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya-benarnya.

 

Surabaya, 20 Juni 2021

 

Muhammad Fathan

Baca Juga:  Peluang Kerja borongan jahit yang bisa dibawa pulang. Dapat Upah Hanya Dari Rumah

Perbedaan CV, Resume, dan Cover Letter

CV dan resume terlihat mirip, namun tidak sama. CV dan resume sama-sama berisi tentang daftar riwayat hidup. Tetapi, terdapat perbedaan pada tujuan serta panjang tulisan dari keduanya.

CV biasanya terdiri dari dua halaman, terkadang lebih. Selain itu, CV berisi penjelasan secara rinci tentang deskripsi pekerjaan, pengalaman bekerja, pendidikan, prestasi, dan pencapaian dalam hal akademis dan juga profesi. Dalam menulis CV umumnya secara kronologis, lengkap dengan menyertakan deskripsi pada tiap poinnya.

Berbeda dengan resume. Resume merupakan dokumen yang isinya berupa ringkasan skill, pengalaman, kualifikasi, dan latar belakang pendidikan Anda. Kata kunci dalam resume adalah ringkas. Jadi ibaratkan bahwa resume adalah versi singkat dari CV. Resume biasanya terdiri dari satu halaman saja, maksimal dua halaman. Anda dapat menyesuaikan isi resume dengan yang ingin Anda tonjolkan dengan lowongan pekerjaan.

Cover letter atau surat lamaran pekerjaan yaitu sebuah surat pengantar dari dokumen resume atau CV yang akan Anda kirim untuk melamar pekerjaan. Cover letter berbeda dengan CV dan resume yang isinya tentang daftar riwayat hidup dan pengalam profesional Anda.

Baca juga: Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya

Kesimpulan

Itulah contoh CV lamaran kerja lulusan SMA yang bisa Anda gunakan. Jika Anda belum memiliki pengalaman pekerjaan, Anda bisa mencantumkan pengalaman organisasi saat SMA. Anda harus membuat CV dengan benar dan menarik agar HRD tertarik untuk merekrut Anda. Selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *