invisible hit counter

Cara Memulai Kata-kata Pamitan Keluar Kerja yang Mudah dan Praktis

Kata Kata Pamitan Keluar Kerja

Kata-kata pamitan keluar kerja adalah ungkapan yang sangat dibutuhkan ketika seseorang hendak meninggalkan suatu pekerjaannya. Seseorang biasanya mengungkapkan kalimat tersebut ketika momen perpisahan. Pasalnya sangat jarang orang yang bisa bekerja selamanya di tempat yang sama. Pada akhirnya Anda akan menghadapi momen perpisahan, kapanpun itu.

Kata-kata pamitan keluar kerja menjadi etika serta sikap profesional dalam bekerja. Dengan mengungkapkan kalimat pengunduran diri dengan baik, bisa menjadi salah satu cara untuk mengungkapkan berharganya rekan satu perusahaan.

Kata-Kata Pamitan Keluar Kerja Pada Bos

Bagi Anda yang ingin mengundurkan diri, maka Anda harus mencari momen yang tepat untuk mengatakannya. Kurang etis apabila Anda menyampaikan pengunduran diri lewat pesan singkat dan tidak mendatangi kantor secara langsung.

Berikut ini cara menyampaikan kata-kata pamitan keluar kerja pada bos.

Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada bos atau pihak HRD yang sudah memberikan bimbingan untuk Anda selama ini.

Berikan Alasan yang Benar

Anda dapat mengungkapkan bahwa sebenarnya pengunduran diri tersebut berhubungan dengan alasan pindah tempat tinggal atau kesehatan. Jangan sampai Anda menggunakan alasan yang berpotensi membuat atasan merasa tersinggung.

Memberitahukan Tanggal Pengunduran Diri

Beberapa perusahaan akan memberikan jangka waktu pengunduran diri minimal 2 minggu sebelum hari H. Biasanya Anda diberikan waktu untuk mengajari anak baru tentang pekerjaan atau skill (keterampilan) yang harus Anda tinggalkan setelah Anda resign.

Baca Juga:  Inilah Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali Lulusan SMA

Berikut ini contoh kata-kata pamitan keluar kerja pada bos.

“Selamat pagi, Bapak/Ibu. Saya datang untuk menemui Bapak/Ibu, berkaitan dengan rencana pengunduran diri saya. Alasan saya resign dari perusahaan karena kontrak kerja saya sudah berakhir. Selain itu, saya berencana ingin mengikuti suami saya untuk pindah ke luar kota. Saya mengucapkan terima kasih banyak atas semua wawasan, ilmu, rasa kekeluargaan, dan bimbingan yang Bapak/Ibu selama ini. Tentu saja saya memiliki banyak kesalahan sewaktu saya bekerja selama ini, untuk itu saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.”

Baca juga: Panduan Membuat Contoh Surat Resign Simple dan Mudah

Kata-Kata Pamitan Keluar Kerja Lewat Whatsapp

Bagi Anda yang ingin resign dan bingung bagaimana membuat kata-kata pamitan yang menarik? Anda bisa mencoba tips di bawah ini. Yuk, simak kata-kata pamitan keluar kerja lewat Whatsapp berikut ini.

Mengucapkan kalimat perpisahan kepada teman sejati sangat sulit sekali. Tetapi saya ucapkan selamat tinggal dengan harapan kuta bisa bertemu kembali suatu saat nanti.

Perjalanan bersama yang luar biasa. Misi kita telah usai. Dengan ini, saya ucapkan selamat tinggal. Kita akan menjadi orang yang paling bahagia saat ini.

Perpisahan merupakan wujud dari rasa manis dan pahit. Pahit karena berpisah dan manis untuk rindu pada masa depan. Semoga perpisahan ini hanya untuk waktu yang sebentar.

Baca Juga:  Daftar Alamat Email Aktif Perusahaan di Cikarang Terbaru

Ucapan Minta Maaf Kepada Rekan Kerja

Ketika Anda bekerja dalam sebuah tim, pasti pernah melakukan kesalahan. Sehingga dapat merugikan pihak lain.  Anda harus mengetahui cara minta maaf kepada rekan kerja, tanpa berkurangnya rasa profesionalisme di kantor. Berikut ini cara meminta maaf kepada rekan kerja.

Mengakui Kesalahan

Sebelum minta maaf kepada rekan kerja, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kesalahan apa yang sudah Anda lakukan. Contoh ucapannya yaitu:

“Saya mohon maaf atas semua kesalahan dan kelalaian saya ini. Pekerjaan tim menjadi terhambat karena hal tersebut. Semoga …”

Bertanggung Jawab

Walaupun Anda sudah mengakui kesalahan, tetapi Anda harus tetap bertanggung jawab. Contoh ucapannya yaitu:

“Saya tahu bahwa Saya telah melakukan kesalahan. Namun jika boleh, saya ingin memperbaiki diri dan kesalahan saya.”

Memikirkan Perasaan Rekan Kerja

Penting sekali untuk menunjukkan bahwa Anda memikirkan perasaan rekan kerja ketika Anda meminta maaf. Contoh kalimat yang bisa Anda ungkapkan yaitu:

“Saya tahu bahwa Anda pasti merasa tersinggung karena hal ini, maka dengan penuh kesadaran, saya memohon maaf atas semuanya.”

Meminta Maaf dari Hati

Permintaan maaf dengan tulus merupakan cara minta maaf yang paling tepat. Hindari untuk menggunakan kata “tapi” atau “maksud saya sebenarnya” dalam mengungkapkan permintaan maaf. Mengakui kesalahan, bertanggung jawab, memberikan solusi, kemudian menutupnya dengan permintaan maaf. Inilah hal penting yang harus Anda lakukan kepada rekan kerja.

Baca Juga:  Cara Mengubah Gambar JPG ke PDF Tanpa Aplikasi

Mengucapkan Terima Kasih

Setelah Anda meminta maaf, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu dan pengertian yang rekan kerja Anda berikan. Anda bisa mengucapkan hal berikut ini:

“Sekali lagi saya meminta maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih juga sudah memberikan pengertian dan waktunya untuk memaafkan kesalahan saya.”

Ucapan Resign Lucu

Salah satu cara untuk melepas rekan kerja di kantor adalah dengan kata-kata. Berikut ini kata-kata pamitan keluar kerja lucu yang bisa Anda pilih saat resign dari tempat kerja.

“Perpisahan merupakan perpaduan rasa manis dan pahit. Pahit untuk sekarang, namun manis untuk rindu yang akan datang”.

“Terima kasih sudah bersedia menjadi rekan kerjaku selama ini. Tanpa bantuan dan bimbinganmu, mungkin aku tidak akan seperti sekarang”.

“Usai sudah tanggung jawabku di sini. Selamat tinggal. Kenangan manis akan selalu melekat di hatiku”.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh kata-kata pamitan keluar kerja yang bisa Anda gunakan untuk memberikan kesan baik pada perusahaan dan rekan kerja sebelum Anda pergi dari perusahaan. Selain itu, Anda juga dapat memberikan kenang-kenangan untuk kantor secara simbolik atau seluruh rekan kerja sebagai hadiah perpisahan.

 

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *