invisible hit counter

Inilah Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali Lulusan SMA

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali Lulusan SMA

Anda baru lulus SMA dan ingin segera mendapatkan pekerjaan?  Ya, bekerja memang menjadi tujuan bagi banyak orang untuk mendapatkan penghasilan. Bekerja juga merupakan salah satu cara untuk keberlangsungan hidup manusia. Ada banyak pekerjaan yang tersedia untuk lulusan SMA, mulai dari bidang penjualan, produksi, pabrik dan masih banyak yang lainnya. Salah satu tahapan yang harus Anda lalui ketika ingin mendapatkan pekerjaan adalah dengan lolos tes interview. Nah, apa saja sih pertanyaan interview kerja pertama kali lulusan SMA?

Interview atau wawancara kerja memang menjadi tahapan penting dalam dunia kerja. Dalam sesi ini, perusahaan ini mengetahui kapasitas dan karakter calon karyawannya secara langsung. Ini juga menjadi kesempatan bagi Anda untuk meyakinkan kepada pihak perusahaan bahwa Anda adalah orang yang mereka butuhkan.

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali Lulusan SMA

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan kompetensi lulusan SMA atau sederajat. Hampir setiap tahun banyak perusahaan maupun pabrik yang membutuhkan tenaga produksi atau marketing dari lulusan SMA.

Mereka lebih memilih lulusan SMA karena  lulusan ini cenderung lebih mudah untuk dibina dan diarahkan untuk pekerjaan tertentu. Selain itu, perusahaan juga bisa memberikan gaji yang lebih rendah daripada lulusan perguruan tinggi. Lulusan SMA, terlebih fresh graduate, juga mempunyai semangat bekerja yang tinggi serta tenaga yang maksimal.

Hanya saja terkadang lulusan SMA itu masih bingung mengenai pekerjaan yang cocok dengan keahliannya. Mereka cenderung mempunyai konsep yang penting kerja dulu untuk mencari pengalaman. Tentu konsep tersebut tidak menjadi masalah. Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki maka akan semakin banyak juga keahlian yang Anda dapatkan.

Baca Juga:  Tips Menghadapi Interview atau Wawancara Kerja di Perusahaan

Potensi Lolos Lowongan Kerja

Namun akan lebih baik lagi, jika Anda sudah mengenali potensimu sejak dini maka akan memudahkan untuk menaikkan karir Anda hingga di tingkat yang paling tinggi.

Lowongan pekerjaan biasanya yang tersedia untuk lulusan SMA kebanyakan di dunia perindustrian atau yang lebih dikenal dengan dunia pabrik. Adapun pekerjaan yang sering perusahaan tawarkan untuk lulusan SMA seperti operator produksi, warehouse, maintenance, hingga staff admin.

Untuk bisa mewujudkan impian bekerja tersebut, maka Anda harus melalui beberapa tahapan seleksi. Salah satunya tentunya seleksi wawancara. Nah, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa contoh pertanyaan saat wawancara.

Bagi Anda yang sudah berulang kali mendaftarkan diri di perusahaan, tentu sudah tidak asing lagi dengan sesi wawancara ini. Anda sudah sedikit hafal mengenai apa saja pertanyaan yang akan Anda dapatkan. Mungkin Anda juga sudah mempersiapkan jawaban terkait dengan pertanyaan tersebut.

Namun, bagi yang pertama kali menghadiri sesi wawancara. Mungkin Anda akan gugup atau sedikit canggung bagaimana untuk tetap bisa tenang menjawab semua pertanyaan interview kerja pertama kali lulusan SMA dari rekruiter dengan baik.

Terbuka Peluang Kerja Bagi Lulusan SMA

Setelah lulus SMA enaknya kerja atau lanjut kuliah? Mungkin itu yang sering bikin bingung pelajar yang baru saja lulus SMA. Jika Anda ingin kerja, maka peluang kerja di SMA itu terbuka luas lho. Ada berbagai pilihan kerja yang bisa Anda coba daftar untuk lulusan SMA, mulai dari Pilot, Pramugari, Polisi, Tentara hingga menjadi wirausahawan.

Baca Juga:  Membuat CV Lamaran Kerja Lulusan SMA Mudah dan Praktis

Anda juga bisa bekerja di bidang industri pabrik. Ini peluangnya sangat besar sekali. Hampir setiap waktu perusahaan garmen dan yang lainnya membuka lowongan kerja untuk lulusan SMA baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru lulus.

Adapun posisi yang perusahaan buka untuk lowongan SMA ini adalah staff operator produksi, marketing hingga admin. Posisi-posisi tersebut juga menawarkan gaji yang tidak kalah menariknya. Bekerja sebagai karyawan pabrik, Anda bisa mendapatkan gaji minimal UMR/UMK kabupaten atau kota di mana Anda bekerja. Gaji tersebut belum termasuk uang lembur, maupun intensif lainnya.

Melamar pekerjaan di dunia industri juga tidak membutuhkan pengalaman di dunia kerja khusus. Meskipun Anda baru lulus sekolah, Anda masih bisa bekerja di perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut akan membimbing Anda untuk bisa bekerja dengan baik dan sesuai dengan target.

Selain bekerja di pabrik, masih banyak peluang kerja lainnya yang bisa Anda coba untuk lulusan SMA. Anda bisa mencoba memulai bisnis, seperti jualan online, dropship hingga menjadi freelancer.

Baca juga: Panduan bagaimana cara menolak lamaran kerja. Mudah dan Praktis

Tes Kerja Lulusan SMA yang Perlu Anda Siapkan

Tes Kerja Lulusan SMA

Apa saja jenis tes kerja lulusan SMA. Sebenar, tahapan tes kerja lulusan SMA ini sama dengan tes tahapan kerja pada umumnya. Adapun teks seleksi kerja tersebut di antaranya:

Pengiriman berkas

Pada tahap ini, Anda harus mengirimkan berkas sesuai dengan yang tertulis di lowongan kerja. Adapun jenis-jenis berkas yang harus Anda siapkan di antaranya KTP, KK, Ijazah dan berkas pendukung lainnya.

Baca Juga:  Contoh Surat Panggilan Interview Lewat WA dan Cara Membuatnya

Untuk pengiriman berkas ini, Anda bisa mengirimkan secara online lewat email maupun offline melalui pos atau jasa pengiriman yang lainnya.

Tes Kompetensi Dasar

Tes ini akan mengerjakan soal berupa soal hitung-hitungan, logika, pengetahuan umum, terkadang juga tes dalam bahasa Inggris.

Psikotes

Jenis tes ini merupakan tes umum yang sering di ujikan ketika melamar pekerjaan. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian, kecenderungan sikap dan bagaimana Anda bekerja.

Untuk mengatasi tes ini, Anda harus menjadi dirimu sendiri dan konsentrasi untuk menjawab semua tes.

Wawancara

Tes selanjutnya adalah tes wawancara. Wawancara ini sering menjadi penentu apakah Anda bisa menjadi bagian dari perusahaan maupun tidak. Tes ini biasanya Anda akan berhadapan dengan pimpinan perusahaan.

Mereka akan memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui kesungguhan Anda. Mereka ingin mengetahui apakah Anda benar-benar pekerja yang mereka butuhkan atau tidak.

Tes wawancara ini bisa lebih dari satu kali. Bisa juga berkali-kali tergantung dengan siapa yang akan mewawancarai Anda.

Itulah tahapan seleksi kerja lulusan SMA yang bisa Anda ketahui. Tentunya setiap perusahaan mempunyai tahapan yang berbeda juga.

Baca juga: Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Interview dan Jawabannya

Kesimpulan

Dalam artikel ini Anda sudah belajar tentang apa saja Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali Lulusan SMA. Menguasai topik pertanyaan saat interviewer kerja akan memudahkan Anda lolos kerja dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang Anda idam-idamkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *