invisible hit counter

Contoh Pertanyaan Motivasi Kerja dan Jawabannya. Mudah dan Praktis

contoh pertanyaan motivasi kerja

Motivasi kerja menjadi salah satu hal yang harus Anda perhitungkan ketika hendak melamar pekerjaan. Jika Anda mendapatkan pertanyaan motivasi kerja, apa yang akan Anda jawab? Jangan menganggap sepele jawaban pertanyaan saat Anda wawancara. Anda harus tahu apa saja contoh pertanyaan motivasi kerja dan jawabannya.

Jika Anda menjawab motivasi kerja dengan baik dan benar, perusahaan kemungkinan besar akan menerima Anda untuk bekerja. Simak beberapa pertanyaan motivasi kerja dan jawabannya berikut ini.

Cara Menjawab Apa Motivasi Anda Bekerja di Sini?

Bagaimana cara menjawab apa motivasi Anda bekerja di sini? Pertanyaan motivasi ketika bekerja, bukanlah pertanyaan yang main-main. Perusahaan ingin mendapatkan kandidat yang mempunyai motivasi yang tinggi ketika bekerja.

Perusahaan tidak hanya mengharapkan motivasi kerja agar mendapatkan penghidupan atau bertahan hidup setiap bulannya.

Nah, penting bagi Anda untuk memberikan jawaban dengan perkataan yang positif dan semangat. Hal ini dilakukan agar pihak perusahaan dapat tergerak hatinya dan menaruh kepercayaannya pada Anda. Tujuannya yaitu agar Anda terpilih oleh mereka.

Berikut ini salah satu cara menjawab pertanyaan dari HRD:

“Selain untuk mendapatkan pekerjaan yang baru, motivasi saya melamar pekerjaan ke perusahaan ini yaitu ingin memberikan kontribusi yang positif untuk perusahaan. Selain itu, saya juga ingin menyalurkan dan mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang saya miliki.”

Baca Juga:  Pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah. Mudah dan Menghasilkan

Baca juga: Berapa Lama Interview Kerja Berlangsung. Menunggu Panggilan Interview

Pertanyaan “Apa yang Mendorong Anda Untuk Bekerja di Perusahaan Kami?”

Dalam interview kerja, perusahaan sering melontarkan pertanyaan “apa yang mendorong Anda untuk bekerja di perusahaan kami?

Sebenarnya, pertanyaan tersebut dapat Anda jawab dengan mudah. Karena hanya Anda yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Namun, kadang-kadang Anda mungkin merasa khawatir jika jawaban Anda akan menimbulkan kesan yang kurang baik bagi HRD.

Agar Anda dapat terhindar dari hal-hal tersebut, simak contoh jawaban interview motivasi kerja yang baik dan benar berikut ini.

Mengapa Perusahaan Sering Mengajukan Pertanyaan Tersebut?

Meskipun terdengar mudah, pertanyaan “apa yang mendorong Anda untuk bekerja di perusahaan kami?” bisa menentukan apakah perusahaan menerima Anda atau tidak.

Perusahaan ingin mengetahui tujuan dari karier dan kesiapan Anda dalam menghadapi interview. Mereka ingin mengetahui apakah Anda sudah melakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan atau tidak.

Jawaban yang Anda berikan dengan singkat tapi tegas dan jelas, dapat menjadi bukti bahwa Anda sudah melakukan riset yang mendalam tentang perusahaan.

Hal tersebut tentu akan meyakinkan HRD, bahwa Anda adalah orang yang selalu mempersiapkan segala sesuatu. Selain itu, HRD akan menganggap bahwa Anda tipe karyawan yang cerdas.

Jawaban “Apa yang Mendorong Anda Untuk Bekerja di Perusahaan Kami?”

“Motivasi terbesar saya dalam bekerja adalah mengatasi rintangan. Bergabung dengan perusahaan ini merupakan suatu pencapaian yang besar bagi saya. Sehingga saya bisa meninggalkan zona nyaman pada pekerjaan yang sebelumnya. Hal inilah yang menjadi motivasi saya untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini.”

Baca Juga:  Contoh Surat Panggilan Interview Lewat WA dan Cara Membuatnya

Pertanyaan “Apa yang Akan Anda Lakukan Untuk Memajukan Perusahaan Kami?”

Saat wawancara, Anda akan sering mendapatkan pertanyaan tentang “apa yang akan Anda lakukan untuk memajukan perusahaan kami?” Lalu apa jawaban terbaik untuk pertanyaan tersebut? Pertanyaan tersebut memberikan Anda kesempatan untuk menjelaskan tentang alasan Anda lebih menonjol dari kandidat launnya. Serta bagaimana And akan menjadi aset bagi perusahaan.

Bagaimana menjawab pertanyaan tersebut? Cara paling baik untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan memberi contoh. Contoh tentang apa yang telah Anda capai pada masa lalu dan menghubungkan hal tersebut dengan apa yang akan Anda capai pada masa depan. Selain itu, Anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Menggunakan Teknik Wawancara STAR

Teknik ini terkenal sebagai metode tanggapan wawancara STAR. Teknik ini memberikan cara yang sederhana untuk Anda mengingat bagaimana menanggapi pertanyaan saat wawancara. STAR yaitu Situation (menjelaskan), Task (keputusan yang Anda lakukan), Action (bagaimana menyelesaikan tugas), dan Result (hasil dari situasi).

Baca Juga:  Panduan Membuat Contoh Surat Resign Simple dan Mudah

Mempelajari Tentang Perusahaan dan Perannya

Anda harus melakukan penelitian sebelum wawancara kerja. Sehingga Anda akan terbiasa dengan misi perusahaan. Cobalah untuk melakukan identifikasi kebutuhan spesifik dari perusahaan, kemudian menanggapi dengan memberikan contoh. Misalnya kenapa pendidikan, prestasi, keterampilan, dan pengalaman Anda akan menjadi aset besar bagi perusahaan.

Mencocokan Kredensial Anda dengan Pekerjaan

Anda harus bisa menyesuaikan kualifikasi Anda dengan pekerjaan. Sehingga Anda akan siap membagikan apa yang sudah Anda tawarkan. Selain itu, Anda perlu besiap untuk menyebutkan pencapaian Anda dalam pekerjaan. Tujuannya adalah untuk membuat perusahaan terkesan dengan pencapaian Anda hingga sekarang.

Contoh Jawaban Terbaik Dari Pertanyaan “Apa yang Akan Anda Lakukan Untuk Memajukan Perusahaan Kami?”

“Saya dapat memberikan kemampuan terbaik saya untuk merampingkan proses di kantor. Contohnya, saya akan mengembangkan metode baru untuk melakukan jadwal bertemu klien. Sehingga dapat menurunkan kesalahan penjadwalan sebesar 80 persen. Saya tidak hanya ingin mengaplikasikan metode ini saja, namun keterampilan organisasi saya yang lain juga aan saya aplikasikan di perusahaan ini.”

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa contoh pertanyaan motivasi kerja dan jawabannya. Jika Anda sudah siap untuk melakukan interview kerja, maka segeralah mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan bidang yang Anda kuasai. Semoge bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *