invisible hit counter

Panduan Membuat Contoh Surat Resign Simple dan Mudah

Contoh Surat Resign Simple
Cara membuat Beberapa Contoh Surat Resign Simple

 

CAHLOKER.COM. Membuat surat resign merupakan salah satu cara menyampaikan pengunduran diri kepada atasan Anda . Surat resign kerja akan memudahkan Anda  menyampaikan alasan pengunduran diri, rasa terima kasih serta permintaan maaf dengan lebih mudah. Namun, beberapa orang merasa bingung bagaimana cara membuat surat pengunduran diri kerja yang baik. Nah, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan contoh surat resign simple. Tentu surat ini bisa Anda  sesuaikan dengan kondisi Anda .

Membuat Contoh Surat Resign Simple dan Mudah

Saat Anda  ingin mengundurkan diri, maka salah satu media yang bisa Anda  gunakan adalah surat pengunduran diri. Surat ini dikenal dengan istilah surat resign. Surat resign merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan pengunduran diri kepada perusahaan Anda .

Ketika Anda  resign, bukan berarti jalinan hubungan atau komunikasi Anda  dan perusahaan terputus. Anda  harus tetap menjaga komunikasi yang baik kepada rekan-rekan kerja maupun tempat Anda  bekerja.

Nah, bagaimana tulisan resign yang benar itu? Ada beberapa hal yang bisa Anda  perhatikan ketika Anda  membuat surat resign dan di antaranya adalah sebagai berikut.

Menggunakan Kata-kata Sopan

Hal pertama yang bisa Anda perhatikan ketika membuat contoh surat resign simple adalah menggunakan kata-kata yang sopan. Anda  bisa memilih kata-kata yang sopan dan penuh dengan hormat. Bukan berarti Anda  akan keluar dari tempat Anda  bekerja. Anda  bisa seenaknya menyampaikan kata-kata pengunduran diri kepada perusahaan. Bukan?

Mungkin Anda  merasa tidak cocok dengan perusahaan. Baik Anda  tidak cocok dengan kebijakan atau peraturannya. Anda  tetap harus menyambung hubungan baik dengan perusahaan. Pemilihan kata-kata yang sopan ini menunjukkan integritas Anda. Sehingga tetap bisa menjaga nama baik Anda.

Dengan nama baik yang terjaga, Anda  pun bisa melompat lebih jauh untuk mengembangkan karir Anda.

Gunakan Alasan yang Logis

Pemilihan kata-kata yang sopan saja tidak cukup, Anda  juga harus menuliskan alasan Anda  keluar dari perusahaan yang logis. Anda  tidak perlu mengutarakan alasan pengunduran diri Anda  dengan tulisan yang pajang. Cukup berikan alasan ke perusahaan dengan singkat, padat dan jelas.

Hindari menggunakan kalimat-kalimat seperti “Saya sebenarnya sangat menyukai pekerjaan saya. Saya menikmati hari-hari bekerja di perusahaan ini. Namun keluarga meminta saya pulang kampung agar bisa ikut menunggui ibu saya. Oleh karena itu, saya mohon izin mengundurkan diri

Contoh kalimat di atas kurang fokus dan cenderung terlalu bertele-teleh. Untuk membuatnya lebih efektif dan jelas, Anda  bisa menggunakan contoh kalimat di bawah ini.

Salah satu contoh yang bisa Anda  utarakan adalah ”Saya mohon mengundurkan diri karena saya harus menunggui ibu saya yang sedang sakit kronis

Baca Juga:  Contoh Pertanyaan Motivasi Kerja dan Jawabannya. Mudah dan Praktis

Identitas Diri Anda

Dalam surat resign, Anda  harus mencantumkan identitas diri Anda . Adapun data identitas diri yang harus Anda  tulis adalah; nama, alamat dan jabatan. Perlu Anda  ketahui bahwa ada banyak karyawan di perusahaan Anda. Bisa jadi, ada kesamaan nama dalam perusahaan itu.

Oleh karena itu, dalam penulisan surat pengunduran diri, Anda  harus mencantumkan data diri tersebut. Perusahaan juga akan lebih mudah mengidetifikasi karyawan mana yang mengundurkan diri. Selain itu, surat tersebut nantinya juga akan menjadi arsip perusahaan.

Tunjukkan Rasa Terima kasih

Jangan lupa saat menuliskan surat pengunduran diri, Anda  harus menyampaikan rasa terima kasih Anda . bagaimanapun Anda  telah menghabiskan waktu Anda  beberapa tahun atau beberapa bulan terakhir di perusahaan tersebut.

Anda  juga sudah mendapatkan penghasilan, persahabatan dan lainnya dari perusahaan. Saat Anda  resign, sudah semestinya Anda  menyampaikan rasa terima kasih kepada perusahaan atas kepercayaan dan kesempatan yang telah Anda  dapatkan.

Mengungkapkan rasa terima kasih juga akan membuat Anda  terlihat profesional dan rendah hati. Perusahaan pun juga akan lebih segan kepada Anda .

Sampaikan Permohonan Maaf

Saat Anda  resign, mungkin ada beberapa pekerjaan atau tanggung jawab yang belum Anda  selesaikan. Maka, Anda  bisa menyampaikan permohonan maaf kepada perusahaan. Jika memang Anda  sudah menyelesaikan tanggung jawab Anda  sebelum keluar, permintaan maaf pun juga bisa Anda  sampaikan. Tentu saja selama Anda  bekerja ada hal-hal yang kurang pas yang Anda  lakukan.

Permohonan maaf ini juga akan menunjukkan integritas Anda . Perusahaan pun juga akan lebih menghargai Anda .

Itulah beberapa unsur surat resign yang bisa Anda  ketahui saat menuliskan surat resign kerja.

Baca juga: Berapa Lama Interview Kerja Berlangsung. Menunggu Panggilan Interview

Mengapa Membuat Surat Resign Kerja

Apa yang akan Anda  lakukan ketika ingin mengundurkan diri dari tempat kerja? Mungkin setiap orang akan mempunyai cara yang berbeda-beda. Ada yang menyampaikan pengunduran diri lewat telpon. Ada juga yang mengundurkan diri lewat pesan ponsel, khususnya Whatsapp. Bahkan, ada juga yang menyampaikan pengunduran diri menyampaikan langsung ke atasan.

Itu adalah beberapa cara yang biasanya banyak orang lakukan ketika mereka ingin mengundurkan diri. Semua cara di atas tentu tidak menjadi masalah selama perusahaan yang bersangkutan menerimanya. Hanya saja cara itu kurang formal dan dan kurang menghargai perusahaan. Oleh karena itu, surat pengunduran diri kerja menjembatani Anda  yang ingin mengundurkan diri dengan cara yang tepat dan benar.

Dengan surat resign kerja, Anda  tidak perlu grogi menyampaikan alasan Anda  keluar secara panjang lebar langsung ke atasan Anda . Surat pengunduran diri kerja ini juga akan membantu Anda  menuliskan surat secara jelas, efektif dan efisien. Tidak seperti ketika Anda  menyampaikannya melalui pesan Whatsapp yang cenderung berantakan dan tidak terstruktur.

Baca Juga:  10 Cara Mengirim CV Lewat Email yang Baik dan Benar

Melalui surat resign ini, Anda  juga akan lebih mudah menyampaikan pengunduran diri secara logis dan terstruktur. Anda  tinggal menyampaikan tujuan pengunduran diri Anda  kepada atasan. Sementara untuk alasan dan yang lainnya sudah tertulis jelas dalam surat tersebut.

Membuat surat resign ini juga penting bagi perusahaan untuk arsip perusahaan. Selain itu, surat resign ini juga sebagai bukti fisik bahwa pemutusan hubungan kerjasama itu berakhir bukan karena perusahaan memberhentikan namun karena mengundurkan diri. Hal ini sebagai antisipasi jika di kemudian hari ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Selain itu, membuat surat resign kerja juga menunjukkan bahwa Anda  seseorang yang profesional dan menghargai perusahaan. Surat pengunduran diri ini merupakan salah satu unsur resmi dalam menyampaikan pengunduran diri kepada perusahan. Melalui surat pengunduran diri tersebut, perusahaan juga akan lebih menghargai Anda .

Alasan Resign Kerja yang Tepat

Alasan Resign Kerja yang Tepat

 

Alasan Anda  mengundurkan diri itu menjadi pertimbangan perusahaan apakah akan mengizinkan Anda  keluar dengan sukarela atau dengan berat hati. Oleh karena itu, saat Anda  ingin menyampaikan resign ke perusahaan, Anda  harus menyampaikan alasan yang logis.

Alasan yang tepat dan logis saat resign kerja akan membuat reputasi Anda  tetap terjaga. Nah, apa alasan resign yang baik itu? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini:

Melanjutkan Pendidikan Anda

Saat resign kerja, Anda  bisa menyampaikan alasan ingin melanjutkan pendidikan ke perusahaan Anda . Dengan ingin melanjutkan pendidikan, perusahaan akan lebih menerima alasan tersebut. Reputasi Anda  pun juga akan terjaga baik di perusahaan.

Suatu saat, ketika Anda  ingin kembali bekerja ke perusahaan tersebut, perusahaan pun tidak akan keberatan menerima Anda  kembali.

Berkarir di Jalur Lain

Anda  bisa juga mengutarakan alasan ingin berkarir di bidang lainnya saat menyampaikan alasan resign kerja. Sebagai contoh, Anda  bekerja di posisi admin saat di perusahaan dan Anda  ingin bekerja sebagai programmer.

Selain itu, Anda  juga bisa menyampaikan pengunduran diri dengan alasan ingin membuka usaha sendiri. Alasan berkarir di jalur lain ini juga lebih logis dan tetap membuat reputasi Anda  aman. perusahaan pun bisa memakluminya.

Mencari Tantangan Baru

Anda  juga bisa menyampaikan alasan keluar kerja karena ingin mencari tantangan baru. Anda  merasa jenuh dengan pekerjaan Anda  yang setiap hari hanya begitu-begitu saja. Dengan alasan mencari tantangan baru serta meningkatkan kapasitas, perusahaan akan menerima alasan Anda . nama Anda  pun juga tetap terjaga dengan baik di mata perusahaan.

Baca Juga:  Pekerjaan borongan yang bisa dikerjakan di rumah. Mudah dan Menghasilkan

Berpindah Rumah

Anda  juga menyampaikan alasan pindah rumah saat ingin resign kerja. Saat Anda  sudah pindah rumah, tentu jarak tempat tinggal dan perusahaan yang jauh juga menjadi pertimbangan. Oleh karena itu, perusahaan akan menerima alasan tersebut. mereka juga menghargai keputusan Anda .

Alasan Kesehatan

Kesehatan yang kurang baik juga termasuk alasan logis untuk Anda  mengajukan pengunduran diri kerja. Misalnya, selama ini, pekerjaan Anda  membutuhkan kekuatan fisik yang lebih, sementara Anda  kurang bisa mengikutinya. Anda  pun bisa menyampaikan pengunduran diri dengan alasan kesehatan.

Perusahaan pastinya akan memahami hal tersebut dan reputasi Anda  pun juga terjaga di mata perusahaan.

Contoh Surat Resign Kerja Word

Setelah kita mempelajari unsur-unsur surat di atas, kita bisa membuat surat pengunduran diri kerja dengan tepat. Bagaima cara membuat surat risent kerja? Untuk lebih jelasnya, Anda  bisa menyimak contohnya sebagai berikut:

Klaten, 26 Januari 2022

Kepada
Yth.Pimpinan
PT.……………………………….
Klaten

 

Yang bertanda  tangan di bawah ini:

Nama                           :……………………………………
Alamat                         :………………………………………
Jabatan                        :………………………………………
Nomor ID                     : ………………………………………

 

Dengan ini, saya ingin mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal _ /_ /_ karena ……………………………………

 

Saya mengucapkan banyak terima kasih karena Perusahaan sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan bekerja dengan profesional. Tidak lupa, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan kerja yang sudah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

 

Saya memohon maaf karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan ini. Saya juga mohon maaf jika selama ini kurang maksimal dalam bekerja. Semoga perusahaan ini bisa semakin maju dan berkembang.

 

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

 

 

Hormat saya,

  

 (…………………) 

Kesimpulan

Inilah pembahasan mengenai contoh surat resign simple. Anda  bisa membuat surat resign kerja sesuai dengan unsur-unsur dan contoh yang telah penulis sampaikan di atas. Selain itu, Anda  juga bisa memodifikasi contoh surat di atas sesuai dengan kondisi dan tempat Anda  bekerja.

Penulisan surat pengunduran kerja bisa Anda  tulis dengan singkat dan jelas. Selain itu, Anda  juga perlu menyampaikannya dengan pilihan kata yang sopan, menunjukkan rasa terima kasih dan permohonan maaf. Dengan demikian, perusahaan akan lebih menghargai Anda. Reputasi Anda  pun juga akan terjaga baik di mata perusahaan.

 

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *