invisible hit counter

Contoh Kata-kata Perkenalan Diri yang Bagus. Tips Mudah Lolos Interview

Contoh Kata-kata Perkenalan Diri yang Bagus
Contoh Kata-kata Perkenalan Diri yang Bagus

 

CAHLOKER.COM. Perkenalan diri merupakan bagian penting dalam interview. Rekruiter pasti akan meminta anda untuk memperkenalkan diri secara singkat. Perlu anda ketahui bahwa perkenalan diri saat interview itu berbeda dengan saat anda di depan kelas. anda tidak perlu menyampaikan semua hal tentang diri anda. Namun, sampaikan latar belakang hidup yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan anda lamar. Dalam kesempatan ini, saya akan memberikan contoh kata-kata perkenalan diri yang bagus.

Bagaimana anda memperkenalkan diri dan apa saja yang anda sampaikan kepada rekruiter itu menjadi penilaian awal saat interview. Tentu saja, rekruiter sudah mempunyai bekal pengalaman untuk menilai orang dari cara pelamar memperkenalkan diri.

Pastikan anda mengetahui sedang berhadapan dengan siapa. Anda bukan sekedar menyampaikan kata perkenalan diri kepada teman anda. Namun kepada orang yang akan memberikan anda penilaian. Maka dari itu, persiapan perkenalan diri itu harus anda siapkan dari jauh-jauh hari. Terlebih bagi fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman ketika wawancara kerja.

Perkenalan diri yang baik akan memberikan first impression yang baik juga kepada pihak perusahaan. Ini menjadi sinyal positif bagi anda untuk bisa bekerja di perusahaan yang anda lamar. Maka dari itu, jangan menyepelekan perkenalan diri saat wawancara. Ayo persiapkan dengan maksimal.

Contoh Kata-kata Perkenalan Diri yang Bagus

Seperti yang kami sampaikan di awal, perkenalan diri ini memegang peranan penting saat wawancara. Bahkan, rekruiter itu sudah bisa menentukan apakah akan menerima anda atau tidak melihat dari cara anda memperkenalkan diri. Berbekal pengetahuan dan pengalaman, rekruiter sudah bisa melihat potensi dan karakter pelamar dari cara perkenalannya.

Oleh karena itu, anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Jangan anggap anda sedang memperkenalkan diri kepada teman saat di kampus.

Dari perkenalan diri anda, perusahaan ingin mengetahui bagaimana kepribadian dan motivasi anda. jika anda memperkenalkan diri panjang lebar, rekruiter akan menganggap anda sebagai orang yang tidak fokus. Sementara itu, jika anda terlalu singkat saat memperkenalkan diri, rekruiter akan menganggap anda tidak serius menghadapi sesi ini.

Untuk itulah, kita perlu belajar contoh perkenalan diri yang baik dan benar agar tidak gagal. Perkenalkan diri anda dengan sebaik-baiknya agar bisa menarik perhatian rekruiter. Tunjukkan bahwa anda antusias untuk menghadiri sesi wawancara tersebut.

Seberapa Penting Perkenalan Diri

Tak kenal maka tak sayang. Anda sering mendengar kalimat itu? Ya, kalimat itu menunjukkan betapa pentingnya perkenalan diri itu. Tidak hanya untuk keperluan wawancara kerja saja, perkenalan diri juga penting untuk menjalin hubungan persaudaraan.

Dalam sesi wawancara kerja, perkenalan diri menjadi penentu bagi pelamar apakah mereka layak untuk bekerja di perusahaan mereka atau tidak. Bagi yang sering menghadiri sesi wawancara, mungkin sudah tidak asing lagi dengan perkenalan diri saat wawancara ini.

Baca Juga:  Panduan Membuat Alasan Keluar Kerja Saat Interview yang Tepat

Namun, bagi anda yang fresh graduate, anda harus mempersiapkan dengan maksimal. Anda bisa mempelajari kata-kata apa yang bisa anda sampaikan ketika memperkenalkan diri anda.

Selain kata perkenalan diri yang baik, anda juga harus memperhatikan mimik wajah, tatapan mata dan gerakan tubuh saat wawancara. Anda harus mengarahkan pandangan anda kepada rekruiter saat memperkenalkan diri.

Intonasi bicara juga harus anda perhatikan. Jangan terlalu datar namun juga tidak terlalu tinggi intonasinya. Sesuaikan dengan topik yang sedang anda sampaikan. Jika anda ingin menekankan bahwa itu penting, misalnya anda ingin menyampaikan keunggulan diri anda, maka anda bisa menggunakan intonasi sedikit tinggi.

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja

Cara Memperkenalkan Diri Saat Interview Kerja

 

Saat interview, perkenalan diri menjadi bagian penting untuk menentukan apakah lolos kerja atau tidak. Oleh karena itu, wawancara kerja harus anda persiapkan dengan maksimal.

Apa saja perkenalan diri dalam interview? Ada beberapa poin penting yang bisa anda perhatikan saat perkenalan diri interview kerja.

Perkenalkan nama Anda

Meskipun rekruiter sudah melihat CV anda, anda tetap perlu memperkenalkan nama anda. Baik nama lengkap atau nama panggilan. Rekruiter ingin tahu nama panggilan anda. Ini juga akan memudahkan mereka untuk menyebut anda saat sesi wawancara sedang berlangsung.

Berikut salah satu contoh perkenalan nama saat interview.

“Perkenalkan nama saya Tsaabit Azzamulhaq. Nama panggilan saya Azzam

Latar Belakang Pendidikan Anda

Setelah mengenalkan nama, anda bisa menyampaikan latar belakang pendidikan. Menyampaikan latar belakang pendidikan ini bisa anda mulai dari memperkenalkan alasan mengapa anda memilih jurusan/ fakultas tersebut.

Selain itu, anda juga bisa menyampaikan apa saja yang sudah anda pelajari selama di kampus. Anda bisa juga menceritakan mata kuliah tertentu yang berkaitan dengan posisi pekerjaan.

Bagaimana cara anda menceritakan latar belakang pendidikan ini akan menjadi penentu apakah anda layak atau tidak bekerja di perusahaan mereka.

Apa saja kata perkenalan diri untuk menyampaikan latar belakang pendidikan? Berikut contohnya.

“Saya lulus dari jurusan Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada tahun 2022. Saya menyelesaikan studi saya dalam waktu 4 tahun dengan IPK 3.65.

Pengalaman Organisasi atau Kerja Anda

Selanjutnya, anda bisa menceritakan pengalaman anda baik bekerja atau berorganisasi. Bagi fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman kerja. Anda bisa menceritakan pengalaman anda saat berorganisasi baik di kampus atau di masyarakat.  Anda bisa menceritakan posisi apa yang pernah anda jabat, berapa lama anda menjabat dan pengalaman menarik saat berorganisasi.

Baca Juga:  Panduan Membuat Contoh Surat Resign Simple dan Mudah

Bagaimana dengan fresh graduate yang belum punya pengalaman organisasi maupun kerja? Anda bisa menceritakan kegiatan positif yang anda kerjakan selama di bangku kuliah.

Sementara, jika anda sudah bekerja, ceritakan pengalaman anda saat bekerja. Posisi apa saja yang pernah anda jabat dan yang lainnya.

Berikut adalah contoh menyampaikan pengalaman organisasi dan atau kerja.

Selama kuliah, saya aktif di Organisasi kemahasiswaan sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil. Saya juga bekerja part-time sebagai tentor Matematika dan IPA

Keterampilan Khusus yang Anda miliki

Untuk menyakinkan rekruiter, anda bisa menyampaikan keahlian khusus yang anda miliki. Namun, jangan anda sampaikan semua keterampilan khusus jika tidak berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Sebagai contoh, jika posisi yang anda incar sebagai graphic designer, maka anda bisa menyampaikan keahlian anda dalam mengoperasikan Corel Draw dan Photoshop.

Berikut adalah contoh menyampaikan keterampilan khusus.

Keahlian khusus saya adalah kemampuan negosiasi yang bagus. Saya juga mempunyai keterampilan menulis copywriting yang baik.

Catatan Penting:

Saat anda memperkenalkan diri, anda harus menjelaskan 4 komponen di atas dengan singkat, padat dan jelas. Perlu anda ingat, rekruiter itu mempunyai waktu yang terbatas untuk anda. mereka juga harus memberikan interview kepada kandidat yang lainnya.

Jika anda sukses memperkenalkan diri dengan singkat, padat dan jelas, itu juga akan menjadi nilai plus tersendiri di mata rekruiter.

Cara memperkenalkan diri untuk Fresh Graduate

Cara memperkenalkan diri untuk Fresh Graduate

 

Fresh graduate atau mahasiswa yang baru lulus memang belum punya pengalaman dalam wawancara kerja. Namun anda tidak perlu khawatir. Kami akan memberikan contoh kata-kata perkenalan diri yang bagus. Berikut adalah beberapa contohnya.

Kami memberikan dua contoh perkenalan diri untuk Fresh graduate. Contoh pertama untuk lulusan yang sudah pernah magang. Sedangkan contoh kedua, bisa anda praktekkan bagi yang anda yang berpengalaman berorganisasi.

Contoh perkenalan diri Fresh graduate dengan pengalaman magang. 

Perkenalkan nama saya Ghaisani Faqihulhaq. Saya lulusan Universitas Sebelas Maret Jurusan Kedokteran tahun 2022. Selama kuliah, saya melakukan penelitian sekaligus magang di Rumah Sakit Islam Klaten sebagai dokter muda selama 1 tahun. Saya belajar bagaimana menangani pasien di IGD dan bagaimana menjelaskan kondisi pasien kepada keluarga. Ini menjadi modal penting bagi saya untuk menjadi dokter di Rumah sakit ini. 

Jika anda sudah pernah magang, maka anda bisa menggunakan contoh perkenalan diri di atas. Tinggal anda sesuaikan dengan jurusan dan posisi yang akan anda lamar. Intinya, anda harus menceritakan pengalaman selama magang dan keahlian apa saja yang anda kuasai setelah dari magang.

Baca Juga:  Peluang Usaha Jahit Rumahan Keuntungan Melimpah

Lalu bagaimana contoh perkenalan diri untuk mahasiswa baru lulus dengan pengalaman organisasi? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini:

Nama saya Ghaisani Faqihulhaq. Saya lulusan dari Universitas Sebelas Maret Jurusan Pendidikan Matematika tahun 2021. Selama kuliah, saya belajar tentang materi matematika serta ilmu kependidikan untuk bisa diterapkan di sekolah. Selain itu, saya juga aktif di organisasi penelitian ilmiah di kampus. Saya senang menemukan hal yang baru dan memecahkan permasalahan Matematika bersama dengan rekan-rekan saya.  Saya juga mengisi waktu luang saya sebagai tutor freelance untuk mengasah kemampuan saya dalam memberikan ilmu kepada siswa.  

Contoh di atas bisa anda coba saat interview kerja. Pengalaman organisasi saat di bangku kuliah menjadi nilai tambah di mata perusahaan. Oleh karena itu, anda bisa memberikan penekanan saat menyampaikan pengalaman anda berorganisasi. Namun, anda harus tetap menyampaikan dengan singkat, padat dan jelas.

Contoh Perkenalan diri yang Menarik

Anda membutuhkan banyak contoh kata-kata perkenalan diri yang bagus. Semua untuk menambah wawasan Anda sebelum memulai interview.

Kami akan memberikan contoh bagaimana membuat perkenalan yang asik. Pastikan anda tidak gugup ketika sesi wawancara berlangsung. Umumnya, pelamar, khususnya mereka yang baru pertama kali, akan merasa gugup menghadapi pertanyaan dari rekruiter.

Jika anda bernasib baik, maka anda akan mendapatkan pewawancara yang santai bahkan lucu. Ini akan membuat wawancara seperti layaknya sesi curhat atau ngobrol biasa. Anda pun akan lebih mudah dalam memperkenalkan diri kepada rekruiter.

Namun perlu anda ingat, anda harus tetap menempatkan diri. Anda sedang berhadapan dengan rekruiter. Sekalipun sesi wawancara berjalan santai, namun anda tidak boleh kebablasan.

Terkadang rekruiter ini membawa sesi wawancara pada kondisi yang tidak menegangkan. Mereka memberikan sedikit jokes agar anda tidak tegang. Namun pastikan bahwa anda tetap harus menempatkan diri. Boleh tersenyum menanggapi apa yang mereka sampaikan. Namun  jangan sampai tertawa lepas. Itu bisa menjadi penilaian buruk bagi mereka.

Kesimpulan

Ada banyak Contoh kata-kata Perkenalan Diri yang bagus yang bisa anda terapkan ketika interview kerja. Perkenalan diri saat interview berperan penting untuk menentukan apakah anda layak bekerja di perusahaan itu atau tidak. Perkenalan diri saat interview berbeda saat anda memperkenalkan diri kepada teman anda. Ada hal-hal apa yang harus anda sampaikan kepada rekruiter dan topik tidak perlu anda sampaikan. Selain nama dan latar belakang pendidikan, anda bisa menyampaikan topik yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan anda lamar. Selain itu, anda harus menyampaikan perkenalan diri dengan singkat, padat dan jelas.

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *