invisible hit counter

Panduan Bagaimana Cara Menolak Lamaran Kerja. Mudah dan Praktis

Cara Menolak Lamaran Kerja

Bagaimana cara menolak lamaran kerja dengan baik? Tentu, anda pernah berada pada posisi ini. Mungkin, anda merasa tidak enak hati harus menolak tawaran kerja yang mana banyak orang membutuhkannya. Namun, menolak tawaran kerja itu sebenarnya adalah hal yang lumrah. Selama anda bisa menolaknya dengan cara yang benar dan profesional.

Bagaimana cara menolak lamaran kerja yang benar itu? Ada beberapa cara penolakan yang tepat. di antaranya sebagai berikut:

  1. Jangan menunda-nunda
  2. Sampaikan dengan simpel dan jelas
  3. Jangan lupa berikan alasan
  4. Ucapkan terimakasih

Ada beberapa alasan mengapa anda tidak menerima tawaran kerja suatu perusahaan. Ada yang menolak karena pola kerja atau beban kerjanya tidak sesuai yang anda harapkan. Juga Ada karena sudah mantap untuk bekerja di tempat lain yang menawarkan gaji dan kesejahteraan lebih tinggi.

Namun, hal yang terkadang membuat bingung adalah ketika anda sudah terlanjur tanda tangan kontrak. Ada syarat-syarat yang harus anda taati terkait dengan peraturan perusahaan. Salah satunya adalah mengganti gaji pokok beberapa kali lipat jika mengundurkan diri.

Nah, dalam hal ini komunikasi yang baik itu penting. Dengan kalimat yang bagus, anda bisa menolak tawaran kerja tanpa harus terkena punishment. Selain itu, hubungan anda dengan perusahaan pun juga tetap terjalin dengan baik.

Cara Menolak Lamaran Kerja

Perusahaan biasanya menyampaikan tawaran kerja seketika saat interview. Namun, ada juga yang menyampaikannya beberapa hari setelah interview. Jika penyampaiannya setelah interview, anda akan lebih mudah untuk menolak tawaran tersebut.

Namun bagaimana cara menolak saat interview? Berikut beberapa tips yang bisa anda ikuti.

Jangan menunda-nunda

Jika recruiter sudah menawarkan tawaran pekerjaan kepada anda, sementara anda  kurang cocok, maka langsung sampaikan penolakannya. Jangan menunda-nunda! Sampaikan saat interview itu juga. Tidak perlu menunggu selesai interview baru menyampaikannya.

Anda perlu segera menyampaikan agar perusahaan bisa menemukan kandidat pengganti sesegera mungkin. Jika anda memberikan keputusan yang lama, itu berarti juga ikut mengganggu perusahaan dalam menemukan kandidat terbaik. Hal itu akan memperburuk reputasi anda. Perusahaan akan menganggap anda tidak profesional.

Sampaikan dengan simpel dan jelas

Saat menyampaikan penolakan tawaran kerja, buatlah kalimat yang sederhana dan to the point. Tidak perlu muter-muter, termasuk memberikan pujian yang berlebihan kepada perusahaan.  Pastikan anda mengatakannya dengan kalimat sederhana saja. Misalnya, “Sebelumnya terima kasih atas tawarannya, Namun mohon maaf pak, saya tidak bisa menerima pekerjaan ini karena……

Jangan lupa berikan alasan

Anda harus memberikan alasan yang jelas dan logis saat menolak tawaran pekerjaan tersebut. Berikan alasan yang logis, namun jangan terlalu detail. Sebagai contoh, anda menolak pekerjaan karena tidak cocok dengan gajinya, maka jangan langsung menolak karena gajinya kurang cocok. Namun anda bisa menggunakan alasan lainnya. Salah satunya adalah anda sudah menerima tawaran perusahaan lain atau masalah jarak tempuh dan lainnya. Menyampaikan penolakan kerja dengan alasan yang logis tersebut akan membuat anda terlihat profesional.

Baca Juga:  Panduan Cara Membuat Surat Tugas Kerja Keluar Kota Mudah dan Praktis

Ucapkan terimakasih

Setelah menyampaikan penolakan, anda harus mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang sudah memberikan kesempatan. Ucapan ini juga yang akan memberitahu rekruiter terkait dengan integritas anda. itu juga sebagai wujud penghargaan kepada mereka. Selain itu, ucapan ini juga akan membuat hubungan anda dengan perusahaan tetap terjalin dengan baik.

Bagaimana cara menolak sebuah lamaran kerja agar tidak tersinggung lewat email?, berikut adalah cara menolak tawaran kerja melalui e-mail atau Whatsapp. Misalnya, anda menolak tawaran kerja sebagai Content Writer di PT Angkasa News, berikut adalah contoh format penolakannya.

Subject: Content Writer – [Nama anda]

Yang terhormat Bapak [Nama rekruiter] HRD PT Angkasa News,

Saya mengucapkan terima kasih kepada PT. Angkasa News karena sudah menawarkan posisi Content Writer kepada saya. Namun, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena saya sudah menerima tawaran pekerjaan di perusahaan lain.

Saya menikmati interview dengan anda dan menghargai anda karena telah meluangkan waktu selama seminggu terakhir. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah anda berikan. Semoga sukses dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Dengan Homat, 

[Nama anda]

Untuk balasan penolakan lewat Whatsapp, anda bisa menggunakan format yang sama seperti contoh di atas. Anda bisa menyesuaikan berdasarkan kondisi anda.

Mengapa Menolak Pekerjaan?

Mengapa Menolak Pekerjaan

 

Ada cukup banyak alasan mengapa calon pekerja itu menolak tawaran kerja. Kami telah merangkum 7 alasan umum mengapa seseorang menolak tawaran pekerjaan. Berikut ulasan lengkapnya.

Gaji kurang sesuai harapan

Alasan pertama mengapa menolak lamaran kerja kebanyakan karena gaji kurang sesuai dengan harapannya. Ekspektasi gaji pelamar mungkin lebih besar berbanding dengan kemampuan finansial perusahaan.

Ada calon karyawan pekerjaan yang mengharapkan bergaji 3 juta per bulan. Namun perusahaan hanya mampu memberikan 2 juta per bulan. Faktor itulah yang membuat banyak calon pekerja mundur dari tawaran kerja.

Lingkungan kerja kurang cocok

Selain gaji, banyak calon pekerja yang mundur karena tidak cocok dengan lingkungan dan pola kerjanya. Ketidakcocokan dengan lingkungan kerja itu biasanya muncul saat wawancara. Calon pekerja sudah bisa merasakan bagaimana lingkungan kerjanya, termasuk pola kerja, jam kantor, hingga rekan kerja.

Baca Juga:  Contoh Panggilan Kerja via Email Asli Mudah Dan Menarik

Calon karyawan membuat keputusan di awal daripada harus memaksakan diri untuk bekerja di lingkungan yang tidak sesuai harapannya. Ini lebih bagus daripada tiba-tiba berhenti di tengah jalan, saat sudah tanda tangan kontrak.

Bidang kerja berbeda dari Lowongan

Dalam rekrutmen karyawan, tidak jarang rekruiter itu memberikan tawaran yang berbeda dari lamaran pekerjaannya. Hal itu karena memang untuk segera mengisi kekosongan posisi. Terkadang juga, rekruiter melihat kapasitas pelamar cocok dengan bidang lainnya.

Namun hal ini seringkali tidak membuat pelamar nyaman. Mereka melamar posisi A mengapa perusahaan memberikan tawaran posisi B. Akhirnya, pelamar lebih baik mengundurkan diri daripada bekerja yang tidak sesuai dengan passion-nya.

Beban kerja terlalu banyak

Alasan lainnya mengapa calon karyawan menolak tawaran pekerjaan karena beban kerja  terlalu banyak. Lebih banyak dari yang perusahaan tuliskan pada lowongan. Sebagai contoh, mereka membutuhkan content writer dengan jobdesk menuliskan minimal 5 artikel @500 kata per hari.

Namun saat memberikan tawaran, perusahaan menambahkan beban kerja dengan harus mengelola website dan akun media sosial perusahaan.  Akhirnya, mereka memilih mundur daripada bekerja melebihi kapasitas diri mereka.

Asuransi & Cuti

Aturan pemerintah mengharuskan perusahaan memberikan asuransi, seperti BPJS, dan cuti. Namun terkadang dengan alasan mengejar target, perusahaan menabrak aturan tersebut. Karyawan mempunyai hak cuti yang terbatas. Bahkan harus siap bekerja saat tanggal merah.

Begitu juga dengan asuransi, perusahaan memang memberikan fasilitas asuransi. Namun perusahaan memotong full dari gaji mereka untuk membayar asuransi. Padahal, komposisi pembayaran iuran antara perusahaan dan karyawan sudah ada aturan legalnya.

Macam-macam Kalimat Penolakan Lamaran Kerja

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan kalimat penolakan? Kalimat ini bertujuan untuk memberitahu bahwa anda belum/tidak bersedia dengan penawaran yang datang kepada anda. Salah satunya adalah kalimat penolakan tawaran kerja.

Berikut adalah macam-macam kalimat penolakan lamaran kerja.

  • Senang sekali mendapatkan penawaran ini, tetapi saya sudah memantapkan diri untuk berkarir di tempat lain.
  • Terima kasih atas pemberitahuannya, Sayangnya saya sudah terlanjur menerima pekerjaan di tempat lain.
  • Setelah melalui pertimbangan yang matang, saya merasa akan cepat berkembang di perusahaan lain. Terima kasih atas kesempatannya kepada saya.
  •  Sebenarnya saya tertantang dengan penawaran kerja di perusahaan anda, namun saya sudah menerima posisi di perusahaan lain.

Contoh Kalimat Penolakan Lamaran Kerja

Contoh Kalimat Penolakan Lamaran Kerja

 

Berikut adalah beberapa kalimat penolakan lamaran kerja yang singkat, padat dan to the point. Kalimat-kalimat di bawah ini bisa anda gunakan saat ingin menolak tawaran kerja karena alasan tertentu.

  • Terima kasih atas penawarannya, namun saya sudah menerima tawaran dari perusahaan lain.
  • Saya menghargai tawaran pekerjaan ini. Sayangnya, saya sudah menandatangani kontrak di tempat lain.
  • Setelah pertimbangan yang matang, saya menerima tawaran pekerjaan di tempat lain.
  • Setelah berpikir beberapa waktu, saya merasa untuk saat ini lebih baik tetap bekerja di perusahaan saya sekarang.
  • Saya memutuskan untuk mengejar karir dalam bidang kepenulisan di tempat lain. Terima kasih atas penawarannya.
Baca Juga:  Membuat CV Lamaran Kerja Lulusan SMA Mudah dan Praktis

Kalimat Penolakan Yang Halus

Menolak lamaran kerja secara halus terkadang sulit, terlebih dalam kondisi interview langsung. Jadi bagaimana kalimat cara menolak lamaran kerja yang baik itu? Berikut beberapa contoh yang bisa anda coba untuk menolak tawaran kerja tanpa menyinggung perasaan rekruiter.

Saat menyampaikan penolakan tawaran kerja, jangan lupa mengucapkan terima kasih. Memang sudah menjadi tugas rekruiter untuk menyeleksi calon pekerja, termasuk membaca CV hingga tes wawancara. Akan tetapi, mereka sudah meluangkan banyak waktu untuk itu. Jadi, menunjukkan rasa terima kasih adalah cara yang tepat untuk menghargai mereka.

Adapun macam-macam kalimatnya adalah:

  • Saya mengucapkan terima kasih atas tawaran posisi pekerjaan kepada saya. Saya sangat menghargai waktu yang telah anda berikan untuk mempertimbangkan saya.
  • Terima kasih atas kesempatan interview-nya. Saya sangat menikmati saat mendengarkan penjelasan dari anda. Saya belajar banyak hal mengenai posisi ini.

Setelah menunjukkan rasa terima kasih, anda juga harus memberikan alasan yang logis dan jelas. Tidak perlu bertele-tele. Langsung to the point saja! Seperti contoh kalimat sebagai berikut:

  • Saya menghargai tawaran pekerjaan di perusahaan ini. Namun setelah pertimbangan yang matang, saya memutuskan menerima tawaran di perusahaan lain.
  • Setelah saya berfikir mendalam, saya merasa posisi ini belum sesuai dengan bidang yang saya kuasai.

Menolak tawaran kerja dengan kalimat yang halus ini akan membuat anda terlihat profesional. Selain itu, ini juga merupakan cara untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada rekruiter atas waktu dan kesempatan yang telah mereka berikan. Dengan demikian, hubungan anda dengan perusahaan pun akan tetap terjalin dengan baik.

Kesimpulan

Cara menolak lamaran kerja memang bukan perkara yang mudah. Ada rasa canggung dan tidak enak hati. Namun jika anda menyampaikannya dengan baik dan benar, maka pihak perusahaan pun akan menerimanya. Mereka akan tetap melihat anda sebagai orang yang profesional dan berkarakter. Ada banyak pilihan kalimat untuk menolak lamaran kerja. Namun pastikan mengutamakan kesopanan dan kesantunan. Diantaranya adalah dengan menunjukkan rasa terima kasih dan memberikan alasan yang jelas.

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *