invisible hit counter

Tips Menghadapi Interview atau Wawancara Kerja di Perusahaan

Artikel ini berbicara tentang cara-cara terbaik untuk berurusan dengan pemilihan rekrutmen karyawan baru sehingga Anda tidak menderita kecemasan dalam wawancara kerja. Jika Anda berhasil melalui tahap wawancara, Anda akan dapat bekerja untuk menjadi bagian dari perusahaan.

Anda harus tahu tips menghadapi wawancara kerja yang akan datang jika Anda masih mengajukan pekerjaan. calon karyawan baru biasanya paling sulit untuk mencari pekerjaan di sesi wawancara kerja karena mereka tidak tahu bagian mana yang tidak boleh dilakukan. Ini adalah pengalaman yang luar biasa bagi pencari kerja, yang baru saja lulus dari sekolah atau perguruan tinggi.

Bahkan jika mereka baru saja datang ke ruang wawancara, maka ada orang-orang yang panik dulu. Ada keterampilan sosial dan psikologi yang akan diuji di sini. Ini karena Anda perlu tahu tips dan pedoman untuk wawancara di kantor tempat Anda akan diwawancarai.

Tak hanya untuk melamar kerja, Sesi Interview juga dilakukan apabila karyawan kontrak telah memasuki waktu untuk menjadi karyawan tetap maka pihak perusahaan akan melakukan sesi wawancara untuk mengetahui bagaimana etos kerja serta memegang peranan tugas yang dikerjaan. dari pengalaman yang saya alami, sesi wawancara untuk melamar kerja lebih sulit dan menentukan apakah pelamar layak bergabung di perusahaan atau tidak.

Baca Juga:  Membuat Contoh Surat Tugas Pelatihan Karyawan Mudah Anda Praktikkan

Nah, untuk anda yang akan melakukan Interview atau wawancara. berikut ini merupakan tips yang harus diketahui pada saat melakukan sesi Interview di perusahaan.

Tips Menghadapi Interview di Perusahaan

Ini adalah bagian terpenting dari proses yang menentukan layak atau tidak untuk diterima di Perusahaan yang anda lamar. Jadi alih-alih harus dimaksudkan dalam tahap wawancara, Anda dapat mencoba memahami beberapa pedoman untuk melakukan sesi wawancara seperti di bawah ini.

1. Pelajari tentang Perusahaan tempat melamar pekerjaan

Banyak pelamar pekerjaan yang ditolak setelah melewati tahap wawancara karena panik ketika ditanya tentang tempat yang mereka lamar. Anda harus memahami visi dan misi perusahaan di mana Anda bekerja  dan apa yang di produksi di sana serta alasan anda ingin bergabung di perusahaan yang akan anda lamar.

Hal ini dapat menjadi nilai plus daripada tidak tahu sama sekali tentang perusahaan yang akan anda lamar.

Baca Juga:  Panduan Mudah Membuat Surat Pengunduran Diri di Word

2. Tonjolkan skill yang anda miliki

Anda dapat menonjolkan Skill dan kemampuan yang anda miliki. sebagai contoh. dapat berkomunikasi dengan baik, pekerja keras, mampu bekerja di bawah tekanan. tonjolkan saja apa skill yang anda miliki ketika di tanya tentang kelebihan anda.

Banyak para lulusan baru yang bingung dan grogi saat di tanya karena tidak tahu kelebihan yang di miliki. pastikan sebelum memasuki sesi wawancara, pelajari dan sadar diri akan kemampuan yang anda miliki.

3. Jelaskan Kekurangan yang anda miliki dengan jujur

Selain Kelebihan, pada saat sesi wawancara anda akan ditanya tentang kekurangan yang anda miliki. pada sesi ini, mental anda akan diuji sebab anda harus menjelaskan kekurangan tanpa harus rendah diri di hadapan pihak wawancara.

Tips menghadapi wawancara pada bagian ini adalah dengan menjelaskan kekurangan anda secara jujur dan dengan alasan yang jelas. selain itu, berikan planning anda dalam mengatasi kekurangan tersebut. sebagai contoh, anda kurang disiplin dalam mengatur waktu dan berikan rencana untuk mengatasi masalah kekurangan tersebut. misalnya membuat timer pengingat dan mengatur sistem dateline.

Baca Juga:  Peluang Kerja borongan jahit yang bisa dibawa pulang. Dapat Upah Hanya Dari Rumah

4. Jangan lupakan penampilan

Tips menghadapi wawancara kerja selanjutnya dan tidak kalah penting yaitu soal penampilan. sebelum melakukan sesi tanya jawab, pihak HRD akan menilai anda soal penampilan dan cara anda berpakaian.

Jangan takut untuk berkontak mata dengan pihak wawancara dan jangan belibet saat menjawab pertanyaan, jangan lupa juga untuk tersenyum serta jawab pertanyaan dengan antusias yang tinggi.

5. Bawa perlengkapan wawancara

Bawa perlengkapan yang dibutuhkan pada saat sesi wawancara seperti portofolio, surat lamaran kerja serta CV. kemungkinan nanti pihak HRD akan melihat dokumen-dokumen yang anda miliki dan bisa juga untuk menjadi bahan pembicaraan saat wawancara berlangsung.

Itulah Tips menghadapi Interview atau wawancara kerja yang bisa saya bagikan. jangan lupa untuk mencatat pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan anda tanyakan agar tidak lupa. jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman maupun sosial media.

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *