invisible hit counter

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Mencari pekerjaan memang tidak mudah. Banyak pencari kerja yang masih menganggur di Indonesia karena ketatnya proses seleksi. Untuk itu disini saya akan membantu anda bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar.

Hanya melalui internet Anda dapat mencari dan melamar pekerjaan yang berbeda di berbagai tempat di dalam dan di luar negeri. Bahkan Anda bisa menyesuaikan kemampuan gaji yang Anda inginkan dengan latar belakang pendidikan. Tidak langsung tetapi fitur ini membuat Anda lebih kompetitif dalam mencari pekerjaan. Apalagi jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman dan keterampilan yang bisa Anda tekankan.

Mencari pekerjaan atau bahkan menerima panggilan wawancara akan membingungkan Anda dan membuat Anda memikirkan atau mengejar masalah yang Anda temui dalam lamaran pekerjaan. Semuanya baik-baik saja dan persyaratan dipenuhi tetapi panggilan tidak datang.

Sudahkah Anda memeriksa lamaran Anda? Ini mungkin tampak sederhana bagi sebagian orang tetapi lamaran pekerjaan sangat penting dan membutuhkan perhatian. Perusahaan memperhatikan pelamar tidak hanya dengan mengevaluasi surat lamaran mereka tetapi juga dengan melamar pekerjaan. Oleh karena itu silahkan segera cek surat lamaran kerja anda dan kirimkan ke perusahaan impian anda.

Mengapa Surat Lamaran Kerja Sangat Penting?

Surat lamaran kerja yang baik dan akurat dapat mencerminkan komunikasi yang baik dengan calon potensial. Lamaran kerja juga menunjukkan bahwa pelamar memiliki niat dan usaha untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jika surat lamaran menarik ada kemungkinan Anda akan dihubungi untuk wawancara. Maka dari itu berikut ini saya berikan cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Baca Juga:  Panduan Membuat Kata Kata Pamitan Keluar Kerja yang Menarik dan Berkesan

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

1. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Gunakan bahasa yang sopan dan baik serta berikan pemahaman profesional saat menulis surat lamaran. Pikirkan tata bahasa dan EYD yang benar bukan hanya pengalaman dan keterampilan Anda tanpa pengulangan atau pengulangan. Jika Anda menggunakan bahasa Inggris cobalah untuk menggunakan tata bahasa yang benar.

2. Buat lamaran kerja Singkat, Padat dan Jelas

Lebih baik jika surat lamaran Anda Singkat, padat dan jelas. Jangan menggunakan kalimat yang rumit dan sulit dipahami. Jangan merangkai kata-kata yang tidak jelas dan berikan poin-poin utama yang penting dalam lamaran kerja Anda.

3. Jangan Copy-Paste lamaran kerja di internet

Ini adalah hal terpenting saat menulis lamaran kerja. Ada banyak contoh dan template formulir lamaran kerja online yang akan memudahkan Anda dalam mencari referensi. Tentu saja Anda bisa menggunakan contoh-contoh ini tetapi jangan lupa untuk mengedit formulir surat pesanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda ingat hal-hal penting seperti meminta janji seperti tujuan perusahaan? Ini adalah hal fatal yang dapat mengurangi nilai Anda jika Anda lupa untuk merubahnya.

Baca Juga:  Panduan Mudah Membuat Surat Pengunduran Diri di Word

4. Surat lamaran harus lengkap

Lengkapi surat lamaran Anda dan karena perusahaan perlu memberikan informasi seperti Fotokopi KTP, Sertifikat keahlian, Transkip dan lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Poin Penting Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa poin penting ketika Anda menulis surat lamaran kerja seperti berikut ini.

1. Tempat/Tanggal surat

2. Perusahaan yang dituju

3. Salam pembuka

4. Kata pengantar

5. Identitas diri secara jelas

6. Lampirkan dokumen pendukung

7. Penutup

Contoh referensi surat lamaran kerja yang bisa anda coba

Tegal, 16 Agustus 2021

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth. HRD PT Winner International

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website Cahloker.my id, PT Winner International saat ini membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Operator Jahit. Oleh karena itu, bersamaan dengan surat ini, saya ingin melamar pekerjaan di PT Winner International untuk mengisi posisi tersebut.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Siti Fatimah

Tempat/Tanggal lahir : Tegal, 8 September 1997

Alamat : Jl Yos Sudarso RT 008 RW 005, Tegal Kota

Telepon : 085453366993

Saya memiliki latar belakang pendidikan SMA jurusan Tekstil, yang kiranya akan berguna untuk mengisi posisi ini. Saya mampu bekerja dengan baik, serta mengerti dasar-dasar dalam menjahit. Saya juga merupakan seseorang yang pekerja keras, memiliki prinsip dan juga mudah bergaul.

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen untuk pertimbangan:

1. Pas Photo Terbaru

2. Fotocopy KTP

3. Daftar Riwayat Hidup

4. Fotocopy Ijazah Terakhir

5. Fotocopy Sertifikat Jurnalistik

6. Fotocopy Sertifikat PKL

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Hormat Saya

(Siti Fatimah)

Setelah Anda memahami Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, saya harap Anda dapat melamar pekerjaan yang tepat di lain waktu. Namun sebagian besar perusahaan memperhatikan isi dari lamaran tersebut dan ingat bahwa lamaran pekerjaan juga merupakan bagian penting dari penilaian perusahaan. Semangat dan pergilah mencari pekerjaan.

Baca Juga:  Berapa Lama Interview Kerja Berlangsung. Menunggu Panggilan Interview

You May Also Like

About the Author: administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *